Artikel

5 Hal Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Dari Alahan Panjang

Danau Kembar by Gasitech
Danau Kembar by Gasitech

Oleh: Afdalil Zikri

Sebagian kamu mungkin belum pernah mendengar nama Alahan Panjang ataupun sudah dengar tapi belum pernah berkunjung kesini. Alahan Panjang adalah pusat pemerintahan Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jarak dari kota Padang berjarak sekitar 65 km di jalan lintas Padang-Muara Labuh dan berada pada ketinggian 1.400-1.600 mdpl dengan curah hujan rata-rata 212 hari per tahun dengan luas wilayah 88,76 km2. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Dengan ketinggian diatas 1.400 mdpl suhu disini terkenal sangat dingin. Berikut 5 hal yang mungkin belum kamu ketahui dari Alahan Panjang.

1. Daerah paling dingin di Sumatera Barat

Seperti yang dijelaskan diatas, sesuai dengan letak geografisnya dengan ketinggian diatas 1.400 mdpl sudah barang tentu daerah ini sangat dingin. Kalau kamu ingin merasakan cuaca dingin maka datanglah ke Alahan Panjang. Suhu pada siang hari berkisar antara 22-24 derajat celcius. Tak heran jika kamu berkunjung ke Alahan Panjang maka kamu akan melihat masyarakat disana pada siang hari memakai kain sarung untuk menangkal suhu dingin. Sehingga ada plesetan dari masyarakat disana kalau pemuda yang memakai kain sarung dijuluki “Perkasa” atau preman kain sarung. Dengan suhu yang sangat dingin ini ada juga yang menjuluki Alahan Panjang sebagai Kota Dingin tanpa salju.

2. Penghasil tanaman hortikultura di Sumatera Barat

Kalau kamu jalan-jalan ke Alahan Panjang kamu sudah pasti akan melihat areal pertanian hortikultura yang membentang luas. Tanaman hortikultura Alahan Panjang sangat baik dalam kualitasnya seperti bawang merah, kentang dan kol. Hasil pertanian ini dijual ke kota-kota besar seperti Padang, Bukittinggi, Payakumbuh bahkan dijual ke luar daerah seperti Pekanbaru dan ke pulau Jawa. Di Alahan Panjang hanya ada tanaman hortikultura dan sayur-mayur. Kalau kamu mau melihat tanaman tahunan seperti durian, mangga atau kelapa tidak akan kamu temui kecuali dipasar karena disini tanaman tersebut tidak menghasilkan buah karena…. ya karena udara dingin lah.

3. Pesona eksotis danau kembar

Kalau poin yang ketiga ini sudah pasti kamu tahu. Kalau kamu pernah menyaksikan Tour de Singkarak otomatis kamu tahu itu Danau Kembar. Karena pada tahun 2012 pernah dijadikan lokasi start pada salah satu etape Tds. Danau kembar atau lebih dikenal dengan “danau diateh dan danau dibawah” letaknya unik. Karena danau diatas itu lokasinya dibawah bukit dan danau dibawah diatas bukit. Kalau kamu berkunjung ke danau diatas dan ingin menginap cukup datang saja ke komplek Villa Danau Diatas yang terletak di tepi danau diatas. Selain untuk menginap komplek ini juga bisa dijadikan sebagai tempat acara diantaranya pertemuan, pramuka dan acara outdor lainnya. Tak jauh dari komplek Villa danau diatas kamu akan melihat sebuah masjid megah yaitu masjid UMMI yang didirikan oleh mantan Mendagri periode 2009-2014 H. Gamawan Fauzi yang bisa kamu gunakan untuk beribadah ataupun sekedar melepas penat.

loading...

4. Pesona “Bukit Cambai”

Belum banyak yang tahu kalau di Alahan Panjang ada sebuah bukit yang sangat cantik dan mempunyai pemandangan yang unik yaitu Bukit Cambai. Bukit ini terletak di Nagari Sungai Nanam dan saat ini sedang dibangun jenjang menuju puncak bukit cambai ini. Puncak bukit cambai tepat diatas danau dibawah. Kalau cuaca cerah maka di puncak bukit cambai kamu akan melihat pesona 4 danau, yaitu danau diatas, danau dibawah, danau singkarak dan danau talang di kaki gunung talang. Dan bagi kamu yang hobi trekking tidak ada salahnya mencoba mendaki bukit cambai ini. Yukkkkk..

5. Tempat lahirnya beberapa tokoh Nasional

Nama-nama seperti M. Natsir, Gamawan Fauzi dan Andjar Asmara (tokoh perfilman dan dramawan Indonesia) sudah pasti kamu sering mendengarnya. Tokoh-tokoh ini berasal dari Alahan Panjang. Kalau kamu ingin melihat rumah kecil M. Natsir kamu akan melihatnya di dekat pasar Alahan Panjang tepatnya didekat jembatan berukir (walaupun jembatannya sudah tidak ada tapi tinggal namanya saja).

Itulah 5 hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang Alahan Panjang. Kalau ingin lebih tahu lebih lanjut tentang Alahan Panjang silahkan datang ke Alahan Panjang ya 🙂

Tulisan dikirimkan oleh Afdalil Zikri (@AfdalilZikri). Ia adalah Mahasiswa STIE EL HAKIM Solok dan saat ini aktif di Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Solok.

Bagi Dunsanak yang ingin mengirimkan tulisan ke infoSumbar bisa melalui email: contact@infosumbar.net

Komentar

To Top
Loading...