Artikel

4 Hal Unik dari Sumatera Barat Selain Makanan Tradisional dan Tempat Wisatanya Part I

Minangkabau

Sumatera Barat selalu memiliki hal menarik untuk diungkapkan. Hal-hal yang mungkin sudah terlalu sering diberitakan tentang Sumatera Barat adalah mengenai makanan tradisional dan tempat wisatanya. Nah kali ini, fdhln bakal ngebahas tentang apa aja sih hal lain yang unik dari Sumatera Barat selain makanan dan tempat wisatanya. Nih, nih!

1. Bahasa Minang

 

Bahasa Minang | http://m.inioke.com/berita/seni-budaya/seni-dan-budaya

Bahasa Minang | http://m.inioke.com/berita/seni-budaya/seni-dan-budaya.html

Bahasa Minang selalu terkesan “keras” atau “kasar” jika didengar oleh orang-orang yang bukan berasal dari Sumatera barat dan selalu dikaitkan dengan pribadi orang-orang dari Minang jika mereka memiliki pribadi yang “keras” juga. Padahal, gak juga sih. Bahasa Minang terkesan “keras” atau “kasar” karena pencitraan yang dilakukan oleh pedagang-pedagang yang berasal dari Sumatera Barat yang berjualan di banyak daerah di Indonesia yang menjual dagangan nya dengan cara berteriak untuk menarik pembeli. Nah, secara tidak langsung, bahasa Minang terkesan “keras” dan “kasar” dari sudut pandang orang-orang yang bukan lahir dan besar di Minang. Itu!

2. Mitos-mitos dari Orang Tua Dulu

Banyak mitos atau pantangan yang ada di adat Minang yang memiliki efek negatif dan percaya atau tidak percaya, sebagian besar masyarakat Minang masih menganggap mitos-mitos tersebut adalah sesuatu yang nyata. Contohnya : tidak boleh menduduki bantal karna bisa mendatangkan penyakit bisul, tidak boleh duduk di depan pintu karna bisa menghalangi rezeki untuk seisi rumah, tidak makan atau minum dari piring atau gelas yang pinggiran nya gak rata karena dianggap bakal susah jodoh, dan masih banyak lain nya.

3. Pria Minang

 

loading...
Pria-pria Minang | http://www.tradisikita.my.id/2015/03/gambar-nama-pakaian-adat-sumatera-barat.html

Pria-pria Minang | http://www.tradisikita.my.id/2015/03/gambar-nama-pakaian-adat-sumatera-barat.html

Pria Minang memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita-wanita yang bukan berasal dari Minang atau berasal dari daerah lain. Alasan nya adalah pria Minang memiliki sifat gigih di setiap usaha atau apa pun yang sedang dilakukan nya. Merantau, membangun usaha sendiri, bisa disebut salah satu contoh kegigihan pria-pria yang berasal dari Minang (kalo gitu pasti muncul pertanyaan “kenapa masih ada cowok Minang yang jomblo? Ya, karena karena mereka nya yang gak gigih atau males-malesan! :D)

4. Angkot (Angkutan Kota) Padang

 

sumber : https://hazyrin.wordpress.com/2015/02/24/angkooot-ooo-angkot/

Angkot Padang | Foto : hazyrin.wordpress.com

Kota Padang, ibukota dari provinsi Sumatera Barat ini memiliki salah satu dari banyak keajaiban di dunia, Angkot nya. Angkot di kota Padang
sebenarnya adalah mobil-mobil yang pernah digunakan di salah satu film box-office “Fast and Furious”. Hanya saja, sudah gak dipake lagi buat syuting nya :p. Boleh dibilang, sebagian besar angkot di kota Padang sudah di modifikasi oleh “induak samang” (re : empunya mobil) nya dan hal yang fantastisnya adalah biaya untuk me-modifikasi mobil angkot tersebut melebihi pendapatan dari angkot itu sendiri. Simpang kiri ciek, da!

Nah, mungkin itu sedikit hal-hal yang unik yang bisa ditemukan di Sumatera Barat dan masih bakal ada lagi kelanjutannya. Tungguin dan jangan kemana-mana, fdhln bakal kembali setelah pariwara berikut ini 😀

Komentar

To Top
Loading...