Home +Berita Pilihan

Jalan Kelok Sembilan Masuk Dalam Rute Tour de Singkarak 2013

0 168

kelok 9 malam

Jalan Kelok Sembilan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, akan masuk dalam rute “event” (TdS) V yang berlangsung pada awal Juni 2013.

“Penetapan Kelok Sembilan sebagai salah satu etape yang akan dilintasi pebalap sepeda pada TdS sebagai pengganti etape yang sebelumnya ke Harau di kabupaten itu,” kata Wakil Gubernur Muslim Kasim di Padang, Jumat.

Wagub yang juga Ketua Panitia lokal Event TdS V itu menambahkan, pengalihan rute dari Harau dikarenakan ruas jalannya terlalu kecil sehingga berpotensi menimbulkan risiko bagi pebalap sepeda.

Hal ini juga terungkap dari rilis resmi laman web tour de singkarak, dimana pembalap akan melewati jalan kelok sembilan pada Stage 3 (4 Juni 2013) Payakumbuh – Danau Singkarak.

Jika tak ada aral melintang, panitia balap Tour de France, Amauri Sport Organisation (ASO) Prancis juga datang ke Sumbar awal pekan depan meninjau berbagai kesiapan, termasuk rute baru tersebut.

Dengan masuk rute baru Kelok Sembilan itu, menurut dia, jarak tempuh TdS yang kelima bisa mencapai 1.200 km, artinya terjadi penambahan dari rencana semula 1.000 km.

Kini dari laporan yang diterima persiapan fisik infrastruktur jalan dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas pada rute-rute akan dilintasi sekitar 90 persen.

Kendatipun masih ada dalam proses pengerjaan fisik perbaikan jalan rute TdS, diharapkan sepekan menjelang pelaksanaan selesai.

“Jaminan dari Dinas Prasarana Jalan provinsi pengerjaan yang 10 persen tuntas sampai pekan ketiga Mei. Kita minta komitmen pemerintah daerah yang dilintasi persiapan lebih matang,” katanya.

Daerah yang ditetapkan sebagai tempat pembukaan event TdS hingga kini masih tetap di Kota Bukittinggi dan penutupannya di Kota Padang.

Muslim mengatakan, rencana peresmian event TdS secara nasional akan digelar pada 12 Mai 2013 di Monas Jakarta.

Pembukaan di Bukittinggi, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Sawahlunto, Pasaman, Agam, Padang Panjang, Sijunjung, Solok, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan, Dharmasraya, Solok Selatan dan penutupan di Padang.

Hadiah yang akan diperebutkan, juga terjadi pe­ningkatan signifikan dari Rp1 miliar menjadi Rp1,2 miliar yang akan diperebutkan oleh 25 tim balap sepeda dunia.

source: antarasumbar/wij, tourdesingkarak
image: twitter/kemenpu