Sport

Padang Pariaman Menjadi Etape Pertama Tour de Singkarak 2014

Parik Malintang (04/02/2014)

Parik Malintang (04/02/2014)

Kabupaten Padang Pariaman berkomitmen suksesnya pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2014 yang akan berlangsung dari tanggal 2-9 Juni 2014.

Komitmen tersebut disampaikan Bupati Ali Mukhni saat menerima Team Teknis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di ruang kerjanya, Selasa (4/2).

Pada kesempatan tersebut diputuskan bahwa pelaksanaan TdS 2014 diawali dengan malam  pembukaan pada tanggal 2 Juni di Pantai Tiram dan tanggal 3 Juni pagi dilangsungkan Grand Start Etape pertama di Kantor Bupati di Parik Malintang.

“Opening ceremony tanggal 2 Juni malam di Pantai Tiram dan Grand Start tanggal 3 juni di IKK,” kata Bupati Ali Mukhni yang didampingi Sekda Jonpriadi.

Pada malam pembukaan TdS 2014 di Tiram tersebut akan menampilkan kesenian daerah, bazar, kembang api, kuliner dan pesta rakyat.

Penyelenggaraan TdS Tahun 2014 ini akan dimeriahkan parade dan pawai alegoris sebelum start dimulai pada tanggal 3 juni 2014. Pawai tersebut diadakan sebagai ajang promosi bagi SKPD, BUMN, Komunitas Motor dan Mobil dan serta kreatifitas masyarakat.

Ide yang digagas Bupati Ali Mukhni berasal dari hasil kunjungannya ketika menyaksikan Tour de France di Perancis tahun lalu bersama Gubernur Irwan Prayitno.

“Ketika Tour de France diadakan, parade satu jam sebelum start dimulai. Parade ini sangat disambut antusias masyarakat di Paris,” kata Bupati Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Bupati Ali Mukhni bertekad bahwa penyelenggaraan TdS kali ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya karena TdS merupakan event internasional yang diikuti oleh 35 negara di dunia.

“TdS adalah prestise Merah Putih yang diselenggarakan di Sumbar. Wajib bagi kita menyukseskannya,” kata Ali Mukhni yang juga Ketua Pekat Indonesia Bersatu Prov. Sumbar.

Sementara itu Ketua Tim Teknis TdS Kemenparekraf Andriyatna Rubenta mengatakan Pemilihan Kabupaten Padang Pariaman sebagai lokasi Pembukaan dan Start Etape Pertama merupakan hasil kajian bersama tim teknis dengan promotor setelah melakukan survey wilayah. Hasil kajian tersebut dikoordinasikan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Andriyatna Rubenta juga mengapresiasi komitmen Bupati Ali Mukhni sebagai tuan rumah dan suksesnya penyelenggaraan TdS 2014.

“Kemenparekraf mengapresiasi komitmen tinggi Bupati Ali Mukhni untuk suksesnya TdS 2014,” kata pria yang akrab dipanggil Ruben itu. (pdgprmn)

Trending

To Top