Artikel

20 Hal Yang Membuat Kita Bangga Menjadi Orang Sumbar

7. Istano Basa Pagaruyuang Yang Megah Yang Mewakili Rumah Gadang Sebagai Rumah Adat Minangkabau

Rumah Gadang yang merupakan salah satu simbol Minangkabau sebenarnya dapat ditemukan di seluruh pelosok Minangkabau. Namun, Istano Basa Pagaruyung bisa dikatakan sebagai perwakilan dari sebuah kemegahan Rumah Gadang.

Istano Basa Pagaruyung terdiri dari tiga tingkat dengan 11 gonjong. Istano Basa Pagaruyung sendiri pernah terbakar sebanyak dua kali. Terakhir terjadi pada tahun 2007. Pemerintah lalu kemudian membangunnya kembali dan saat ini bisa kembali berdiri dengan megah.

8. Tokoh-Tokoh Asal Sumatera Barat

Sejak zaman penjajahan hingga zaman kemerdekaan bahkan hingga kini banyak tokoh-tokoh asal Sumbar yang ikut berperan dalam membangun NKRI. Bung Hatta misalnya sang proklamator yang ikut memproklamirkan bangsa Indonesia. Kemudian ada Tan Malaka dan masih banyak lagi.

Selain banyak melahirkan para tokoh dan pahlawan bangsa, Sumbar juga terkenal banyak melahirkan penulis dan sastrawan terkemuka.

9. Silek

Silek atau Silat dalam bahasa Indonesia adalah salah satu seni beladiri khas dari Indonesia. Tak terkecuali di Sumbar. Di Sumbar sendiri Silat yang paling terkenal adalah Silat Harimau. Silat Harimau ini juga dipakai sebagai elemen dalam Film Merantau yang dibintangi oleh Iko Uwais.

bersambung ke halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Terbaru

To Top