Artikel

20 Hal Yang Membuat Kita Bangga Menjadi Orang Sumbar

10. Etnisnya Yang Beragam

Sumbar tak hanyak diisi oleh suku Minangkabau. Ada banyak etnis lain yang hidup berdampingan dan damai serta masih mempertahankan budaya mereka di Sumbar. Hal ini membuat Sumbar semakin kaya akan keragaman budaya.

11. Bahasa Minangkabau Yang Beragam dan Berbeda di Tiap Daerah

Meskipun secara umum suku Minangkabau di Sumbar menggunakan bahasa Minang, namun bahasa Minang di tiap daerah di Minangkabau itu berbeda-beda dan mempunyai ciri khas tersendiri. Misalnya orang Pariaman yang tidak memakai ‘R’ tapi ‘gh’.

12. Adat Istiadat, Budaya serta Tradisinya

Masyarakat Sumbar terutama suku Minangkabau masih hidup dengan budaya, adat serta tradisi yang kental dan masih dipegang teguh. Adat Istiadat Minang sendiri cukup kaya karena di setiap daerah lain pula adat istiadatnya.

Seperti adat menikah di daerah Payakumbuh yang menggunakan adat ‘Sasuduik’ yang mewajibkan calon pengantin laki laki dalam melengkapi perlengkapan kamar calon istri. Sedangkan di Pariaman ada adat ‘Uang Japuik’, dimana calon mempelai wanita memberikan sejumlah uang kepada calon mempelai laki-laki.

Selain itu ada juga tradiri dan budaya khas di sejumlah daerah di Sumbar, seperti Payakumbuh dan Limapuluh Kota dengan Pacu Itik, Tanah Datar dengan Pacu Jawi atau Pariaman dengan Tabuiknya.

bersambung ke halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

To Top