Artikel

4 Kata Dalam Bahasa Minang Yang Biasa Kamu Ajarkan Pertama Kali ke Teman Kamu Dari Luar Daerah

Seperti yang sudah kita bahas dalam postingan sebelumnya tentang 5 Kata Dalam Bahasa Minang Yang Biasanya Sering Diucapkan Orang Luar, bahwa bahasa Minang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang datang dan berkunjung ke sini. Apalagi bagi mahasiswa luar daerah yang tinggal disini, mereka mau tidak mau pasti ingin belajar bahasa minang agar bisa bergaul dan diterima dengan baik.

Nah, biasanya kata dalam Bahasa Minang yang pertama kali diajarkan kepada mereka yang mau mau belajar bahasa Minang adalah kata-kata berikut ini:

1. Pant#k

Disensor dikit, tapi bisa kan bacanya? Hihi. Entah kenapa setiap belajar bahasa daerah, nggak disini atau di daerah lain penyakitnya sama, yang diajarka pertama kali adalah kata-kata jorok, cacian atau hinaan. Dan dalam bahasa minang kata Pant#k biasanya yang paling sering diajarkan duluan.

2. Aden, Waang

Setelah, kata Pant#k, kata paling umum yang diajarkan pertama kali kepada mereka yang belajar bahasa minang adalah panggilan seperti Aden, Waang, Pajatu, Pajako, Inyo dan lain-lain.

3. Kata berakhiran “ing” dijadikan “iang”

Bahasa Minang memang nggak rumit-rumit amat, terutama untuk bahasa minang yang umum dipakai. Biasanya orang yang belajar bahasa minang akan diajarkan dengan kata-kata berakhiran “ing” diganti menjadi “iang”. Tapi nggak semua bisa loh ya, jangan terjebak.

loading...

Contoh:

– Kucing = Kuciang
– Kambing = Kambiang
– Kuping = Talingo (Bukan Kupiang)
– Kancing = Gewang (Bukan Kanciang)

Gitu.

4. Kata-Kata Hitungan

Kata-kata hitungan dalam bahasa minang adalah salah satu yang paling mudah dipelajari dan biasanya akan diajarkan pertama kali. Ciek, Duo, Tigo, Ampek dan seterusnya.

Komentar

Trending

To Top
Loading...