Artikel

5 Kata Dalam Bahasa Minang Yang Biasanya Sering Diucapkan Orang Luar

Mayoritas penduduk Sumbar merupakan etnis Minangkabau yang menggunakan Bahasa Minang sebagai bahasa percakapan sehari-hari. Dan Bahasa Minang adalah salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan ataupun orang luar yang berkunjung kesini. Apalagi artis-artis atau mereka dari stasiun TV Nasional yang datang ke sini, biasanya mereka senang mencoba mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Minang, seperti kata-kata berikut:

1. Tambuah Ciek

“Tambuah Ciek!” Kata ini biasanya kalau lagi di tempat makan. Atau acara-acara kuliner di TV. Ini adalah salah satu kata dalam bahasa Minang yang paling umum yang berarti Minta Tambah. Tambuah Ciek meja duoo tuuuu!

2. Lamak Bana

Kalimat ini juga tak lepas dari makanan. Kalau makanan enak bilangnya, Lamak Bana! Tambuah Ciek! :))

3. Rancak Bana

Kalau pergi ke tempat-tempat yang indah, mempesona biasanya kata ini akan diucapkan. “Rancak Bana!” Kalimat ini juga bisa dipakai kalau terpesona dengan gadis minang. Adiak Rancak bana.. hehe.

4. Balado

Lagi-lagi yang berhubungan dengan makanan. Biasanya kata balado melekat pada nama makanan. Misalnya, ayam balado, dendeng balado, itiak lado ijau, duh jadi lapar.

loading...

5. Onde Mande

Onde Mande, ucapan ini diucapkan ketika mereka terkagum-kagum. Mirip-miriplah sama kata “Wow”, “Amazing,” dan lain-lain.

Komentar

Trending

To Top
Loading...