Artikel

5 Mitos Palasik Yang Beredar di Masyarakat

Palasik, ada yang tau? Masyarakat Minangkabau mungkin sangat akrab dengan kata yang merujuk pada makhluk mistis tersebut. Banyak cerita-cerita yang berkaitan dengan Palasik dan sampai saat ini masih banyak diceritakan di tengah masyarakat.

Cerita paling umum dari Palasik ialah makhluk atau manusia yang menuntut ilmu hitam dengan menghisap darah bayi atau memakan jasad bayi atau balita yang baru meninggal.

Palasik sendiri merupakan salah satu bagian dari cerita mistis masyarakat Minangkabau. Banyak misteri-misteri soal Palasik dan cerita dari mulut ke mulut, untuk itu di sini saya menganggapnya sebagai mitos palasik. Mari kita bahas satu per satu.

Palasik Merupakan Ilmu Hitam

Palasik konon pada awalnya merupakan sebuah ilmu hitam yang cukup tua di ranah minang. Konon ilmu palasik ini digunakan untuk bertahan hidup, dimana setelah menghisap habis darah seorang bayi pemilik ilmunya bisa hidup selama bertahun-tahun tanpa makan.

Menurut cerita yang penulis dapatkan, konon ilmu ini pada awalnya berkembang di waktu zaman masih susah. Dimana pada waktu itu sering terjadi masa paceklik atau kondisi darurat yang menyebabkan susahnya memperoleh makanan.

Terdapat 2 Jenis Palasik

Menurut cerita turun temurun di masyarakat terdapat dua jenis Palasik, yaitu Palasik Kuduang dan Palasik Bangkai. Palasik kuduang digambarkan mirip seperti di film-film horor dimana pada malam hari ia melepas kepalanya dan bergentayangan mencari mangsa.

Sedangkan Palasik Bangkai merupakan palasik yang mengincar jasad bayi atau balita yang baru saja meninggal. Konon katanya juga jika berhasil menangkap Palasik Bangkai ini penangkapnya bisa menjadi kaya karena si Palasik rela memberikan apapun agar si penangkap tidak memberitahu kepada orang lain kalau ia seorang Palasik.

Namun, saat penulis pernah bertemu dengan seorang Bapak yang anaknya pernah terkena Palasik bercerita bahwa Palasik yang ia temui justru memiliki fisik seperti manusia, memiliki badan seperti berlumut dan memakai semacam celana yang bahannya mirip seperti karung goni.

Palasik Tidak Memiliki Cekungan Di Bawah Hidung

voldemort

Voldemort | Foto: buzzfeed

Masih berdasarkan cerita di masyarakat konon mereka yang memiliki ilmu palasik memiliki ciri yaitu tidak mempunyai cekungan antara hidung dan bibirnya. Ya kalau digambarkan mungkin mirip bibirnya voldemort di film Harry Potter kali ya.

Palasik Bisa Dicegah

Meskipun ilmu Palasik mematikan, konon menurut para ibu-ibu dan tetua di kampung-kampung Palasik bisa dihindarkan. Biasanya mereka yang memiliki ilmu palasik pada saat ada bayi baru lahir akan mendatangi keluarga yang punya bayi. Nah, pada saat dia minta gendong bayi tersebut jangan dijauhkan, tapi biarkan dia menggendongnya dan bilang bahwa itu anak atau cucunya. Katanya sih begitu.

Ilmu Palasik Tujuh Turunan

Yang paling berbahaya dari ilmu palasik bahwa ilmu ini bisa diturunkan sampai tujuh turunan. Penurunan ilmu ini dari anak, terus ke cucu dan seterusnya.

Mitosnya, hal tersebut terjadi karena para penganut ilmu palasik ini terkucil dari masyarakat dan mereka terpaksa menikah diantara sesama penganut Palasik. Dan jika berhasil menikah dengan orang biasa, konon anaknya tidak akan sekuat ayah atau ibunya karena sudah berdarah campuran.

Itulah mitos soal Palasik. Percaya atau tidak itu wallahu alam. Kebanyakan dari tulisan di atas merupakan cerita dari mulut ke mulut masyarakat. Tapi ada percaya atau tidak memang pernah ada yang melihat. Seperti penulis sendiri yang pernah menjadi korban Palasik.

Dunsanak punyo carito tentang Palasik? Ayo bagikan ceritanya di kolom komentar.

Trending

To Top