Artikel

5 Mitos Waktu Kecil dan Penjelasannya

mitos waktu kecil

Di Indonesia, terutama Sumatera Barat sangat banyak berkembang mitos-mitos. Banyak diantara mitos ini aneh-aneh, tapi sebagian ternyata bisa dijelaskan dan ternyata punya tujuan tertentu. Seperti lima mitos berikut ini yang sering kita dengar waktu kecil dulu:

Duduk di Atas Bantal, Nanti Bisulan

Jangan duduk di atas bantal, nanti akan tumbuh bisul. Mitos ini paling umum dan sering kita dengar waktu kecil dulu. Sebenarnya jika ditelaah hal tersebut memang sangat tidak masuk akal. Namun tujuan dari mitos ini ada.

Mitos tersebut bertujuan agar kita tidak menduduki bantal, karena penggunaan bantal untuk alas kepala. Sangat tidak elok jika sesuatu yang kita pakai dikepala lalu diduduki. Mitos tersebut merupakan cara halus dari nenek-nenek kita agar kita lebih mudah menerima. Apalagi di waktu kecil logika berpikir kita belum berjalan sepenuhnya, sehingga dengan mitos tersebut anak-anak lebih gampang untuk patuh.

Jangan Duduk Ditangga, Nanti Susah Dapat Jodoh

Duduk di tangga konon katanya akan membuat kita sulit mendapat jodoh atau rezeki. Tidak ada hubungannya memang. Tapi mitos ini bertujuan agar kita jangan duduk di tangga, karena tangga merupakan tempat lalu lalang, jika kita duduk di situ tentu akan menghalangi orang yang lewat.

Setelah Makan Jangan Lupa Basahi Piring

Mungkin ada yang pernah mendengar anjuran setelah makan agar membasahi piring kita sedikit dengan air. Jika tidak kita akan sulit mendapat rezeki.

Tujuan dari membasahi piring ini adalah agar tidak susah mencucinya dan agar sisa makanan di piring tidak mengeras dan lengket.

Jangan Mandi Maghrib Nanti Dicubit Setan

Mitos ini banyak beredar di Indonesia. Apalagi banyak nenek-nenek kita menyertakan bukti kalau ada memar setelah kita mandi maghrib. Sebenarnya memar setelah mandi maghrib tersebut bukanlah akibat dicubit setan.

Memar tersebut Purpura Complex dimana terjadi pecahnya pembuluh darah, lalu darah tersebut menggumpal. Biasanya terjadi karena kelelahan. Atau bisa jadi sebelumnya terjadi benturan tanpa disadari. Untuk lebih jauhnya kamu bisa googling mengenai Purpura Complex.

Jangan Makan/Minum di Piring/Gelas Sumbing

Penjelasan dari mitos yang satu ini sederhana, agar kita tidak terluka jika makan atau minum dari piring atau gelas yang sumbing.

Trending

To Top