Artikel

Biar Nggak Nyesel, Perhatikan Tips Membeli Kendaraan Mobil Bekas Berkualitas Berikut

tips membeli kendaraan mobil bekas

Siapa sih yang tidak menginginkan kendaraan pribadi berupa mobil? Tidak dipungkiri jika kendaraan mobil masih menjadi salah satu incaran, selain untuk kemudahan mobilitas juga demi prestise. Ditambah lagi, faktor keamanan dari transportasi umum Indonesia yang masih jauh dari kata baik, semakin menuntut seseorang untuk memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi.

Sayangnya, tingginya harga mobil menyebabkan mobil masih sulit dijangkau oleh kalangan masyarakat Indonesia menengah ke bawah. Kondisi ini tidak menyurutkan masyarakat untuk memiliki mobil. Justru melahirkan ide untuk mendapatkan kendaraan pribadi dengan harga lebih murah. Caranya, dengan mencari kendaraan mobil bekas.

Berbicara soal mobil bekas, tiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Pasti timbul beberapa pertanyaan di benak Anda seperti, apakah kualitasnya terjamin atau tidak? Percuma dong jika kita sudah mengeluarkan budget yang lumayan mahal, namun tidak diimbangi dengan kualitas yang baik. Bisa-bisa, biaya servis mobil akan setara dengan harga beli mobil baru.

Nah, khawatir boleh-boleh saja. Tapi, Anda harus tetap menjadi konsumen cerdas dan selektif saat membeli kendaraan mobil bekas. Biar lebih jelas, perhatikan tips membeli mobil bekas yang berkualitas berikut ini!

Tempat Pembelian: Usahakan Langsung dari Tangan Pertama

Trik membeli mobil bekas pertama yang harus Anda perhatikan adalah tempat pembeliannya. Ya, bagi Anda yang menginginkan kendaraan mobil baik baru atau bekas, kini sudah tersedia showroom yang menyediakan beragam pilihannya. Namun, jika Anda tidak ingin nyesel, lebih baik belilah kendaraan mobil bekas tersebut langsung dari penjualnya. Dengan kata lain, datangilah tangan pertama kendaraan mobil tersebut.

Perbedaannya, biasanya harga jual kendaraan mobil melalui showroom atau pihak ketiga akan lebih mahal ketimbang dari tangan pertama. Ditambah lagi, Anda bisa mengetahui kondisi mobil secara lebih detail dari pemiliknya langsung. Jadi, usahakan beli kendaraan mobil bekas dari tangan pertama langsung tanpa perantara ya?

Cek Kondisi Eksterior Mobil

Setelah menemukan penjual mobil bekas secara langsung, tips kedua adalah cek kondisi eksteriornya. Bagian eksterior yang harus dicek adalah bodinya. Perhatikanlah, adakah goresan atau kerusakan pada bodi mobil tersebut mengingat penampilan akan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri pengemudi.

Kemudian, cek bagian kaca apakah ada yang retak atau pecah, bagian lampu apakah masih menyala dengan baik dan terang, dan kondisi keempat ban masih oke atau sudah aus. Usahakan, kondisi eksterior mobil ini masih dalam keadaan bagus ya!

Cek Performa Mesin Mobil

Inilah tips terpenting yang tidak boleh diabaikan saat membeli kendaraan mobil bekas. Pasalnya, mesin ini adalah jiwa dari kendaraan mobil. Jika mesin rusak, maka performanya tidak akan oke. Tentu, Anda harus benar-benar paham soal mesin mobil atau ajak kerabat yang fasih akan hal tersebut.

Caranya, hidupkan mesin mobil dan perhatikan bagaimana bunyi mesinnya ketika menyala. Ketika bunyi mesin terdengar halus, dipastikan mesin dalam kondisi baik. Ciri dari kendaraan mobil yang masih bagus adalah mudah distarter. Apabila mesin sudah menyala, cobalah untuk test drive.

Cobalah untuk mengoper gigi ketika test drive, apakah berjalan dengan lancar atau tidak. Apabila mobil terasa berbelok ke kiri atau ke kanan, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli mobil tersebut. Coba juga dengan melewati jalan yang tidak rata. Apabila kondisi kaki-kaki mobil baik, maka tidak akan masalah.

Cek Fisik

Jika Anda masih ragu dengan test drive yang dilakukan, cobalah untuk cek fisik untuk mengetahui kondisi mobil bekas tersebut di kantor samsat. Selain itu, cek fisik memastikan dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya. Jika memang tidak ada masalah dan Anda yakin untuk membelinya, tangan pertama mobil tersebut sudah pasti bersedia untuk melakukannya.

Asuransi Mobil yang Anda Beli

Pada dasarnya memiliki asuransi itu pilihan. Namun, dengan tingginya risiko yang dihadapi tentu akan lebih baik jika memiliki asuransi. Begitu pula terhadap kendaraan mobil yang Anda beli.

Usahakan untuk membeli kendaraan bekas yang sudah memiliki asuransi mobil. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Tak perlu khawatir karena masalah nama bisa dipindahtangankan. Tinggal persiapkan dokumen jual-beli, maka proses balik nama asuransi akan berjalan dengan lancar.

Mengingat pentingnya kendaraan mobil yang nyaman dan aman, usahakan untuk teliti dalam mengecek kondisi mobil bekas yang Anda beli ya!

To Top