Artikel

Bubur Kampiun; Menu Sarapan Yang Pastinya Bikin Kamu Berniat Bangun Pagi Saat Berada Di Sumatera Barat

Bubur kampiun

Bubur kampiun, bubur juara! 

Bubur yang menjadi salah satu menu khas di Sumatera Barat ini merupakan campuran dari menu takjil yang biasa kamu temukan saat bulan Ramadhan. Satu menu takjil aja udah bikin ngiler, apalagi banyak dan disajikan dalam satu mangkok. Haduuh..

Paket lengkap ini merupakan kolaborasi dari kolak ubi, kolak pisang, bubur sum sum, bubur candil, bubur delima, bubur ketan hitam dan sarikaya. Bayangkan, semua sajian sarapan yang biasanya kamu nikmati satu per satu, eh, pada bubur kampiun, dicampur semua. Jangan nyesel kalau nantinya kenyang banget.

Bubua Kampiun

Bubur Kampiun

Awal mula lahirnya nama kampiun adalah dari seorang nenek yang memenangkan perlombaan yang diadakan oleh para tokoh adat di desa Jambu Air-Banuhampu, Bukittinggi, pada awal 1960-an, pasca perang PRRI (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia, 1958-1961). Kegiatannya antara lain: Lomba Layang-layang, Sepakbola, Main Kim, Lomba Kreasi Membuat Pecal dan Lomba Kreasi Membuat Bubur. Perlombaan (Championship) tersebut diikuti oleh semua lapisan masyarakat: Tua-Muda, Laki-laki, Perempuan, dari anak-anak sampai kakek/nenek.

Dalam perlombaan membuat Bubur bermacam-macam kreasi yang diciptakan oleh para peserta lomba, ada bubur yang ditambahkan Coklat, Keju dan sebagainya. Nah, nenek Amai Zona namanya, sudah lah datang terlambat ke tempat perlombaan, tidak ada persiapan apa-apa pula. Beliau hanya memasukkan bubur-bubur yang tidak habis dijualnya tadi pagi kedalam beberapa mangkok untuk dicicipi oleh para dewan juri.

loading...

Boleh juga mental ini nenek..

Ketika pengumuman nama pemenang oleh pembawa acara,  sang champion (Juara) dari Lomba Kreasi Membuat Bubur adalah nenek Amai Zona. Ketika ditanyakan pada si nenek apa nama buburnya tersebut, sang nenek dengan bangga dan spontan menyebutnya Bubua Kampiun (Champion maksudnya), maka jadilah sampai sekarang bubur tersebut dinamai Bubur Kampiun, bubur sang juara.

Bubur kampiun ini bisa kamu temukan hampir di semua daerah di Sumatera Barat. Bahkan, juga bisa kamu temukan di Jakarta. Waktu paling nikmat saat menikmati bubur kampiun ini adalah saat sarapan pagi sebelum memulai aktifitas atau pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.

 

Santaplah bubur kampiun sebelum memulai hari mu lantas kamu akan jadi juara untuk setiap aktifitas yang kamu lakukan. Menjuarai hati wanita yang kamu suka salah satunya..

Komentar

Trending

To Top