Artikel

Monumen Perjuangan Bagindo Aziz Chan; Bukti Nyata Perjuangan Sang Walikota Kedua Kota Padang

Monumen Bagindo Aziz Chan

Kamu warga kota Padang? Lahir dan besar di kota Padang? Atau pendatang yang menaruh harap kepada ibukota provinsi Sumatera Barat ini? Jangan bilang kamu tidak mengenal salah satu monumen yang berada di tengah persimpangan jalan Gajah Mada dan jalan Jhoni Anwar ini. Monumen ini malah lebih dikenal dengan nama Tugu Simpang Tinju. Mulai saat ini, mari kita ganti penamaan nya menjadi Monumen Perjuangan Bagindo Aziz Chan.

Tugu yang berbentuk menyerupai kepalan tinju ini merupakan salah satu monumen yang memaknai perjuangan Bagindo Aziz Chan yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda. Tugu ini diresmikan oleh wali kota Padang, Syahrul Ujud pada 19 Juli 1983.

Monumen Bagindo Aziz Chan dibangun dengan bentuk yang cukup unik, berbentuk kepalan tinju. Kepalan tinju  tersebut berdiri di atas bangunan segitiga mirip bambu runcing. Pada ketiga sisinya terdapat tulisan yang bila didekati dapat terbaca dengan jelas. Pada dinding monumen ini tertulis, “Di sini Bagindo Aziz Chan Gugur saat menjabat Walikota Padang 17 Juli 1947”. Pada sisinya yang lain, tertulis “Bulatkan Tekad Dalam Perjuangan Walikota Padang Bagindo Aziz Chan”.
Monumen yang hampir selalu diplesetkan dengan adanya ultraman yang membatu dibawahnya ini merupakan salah satu dari banyak monumen yang ada di Padang. Sebenarnya, ada banyak lagi yang bisa dibahas jika sudah terkait monumen ini. Semoga bakal ada lanjutan nya 🙂
Sebagai masyarakat, muda dan tua, mari jangan lupakan sejarah. Mari rawat salah satu monumen pahlawan kebanggaan kota Padang ini. Bukan berarti harus ditungguin atau nanya nomor togel disini ya..

Trending

To Top