Artikel

Cerita Perjalanan Melania Astrigemita di Eropa Lewat Globe Kids Internasional Kindergarten Project dari AIESEC

Melania Astrigemita, mahasiswi jurusan Manajemen Internasional Universitas Andalas memutuskan melakukan sebuah proyek ke salah satu negara di Eropa, Hungaria. Proyek yang dilakukan oleh Nia adalah Globe Kids Internasional Kindergarten Project, disana Nia berkesempatan mengajar anak-anak yang sedang duduk di bangku Taman Kanak-kanak.

Proyek Globe Kids International Kindergarten dari AIESEC sendiri bertujuan untuk berkunjung dan memperkenalkan budaya dan tradisi dari negara asal para pelaku proyek kepada anak-anak di negara tujuan dengan cara yang menarik.

Perempuan tersebut berangkat lebih awal karena ingin berkunjung ke Prague, Rep. Ceko, sebelum melakukan proyeknya yang dimulai pada 7 Januari 2019. Selama melakukan proyek yang berlangsung selama enam minggu tersebut, Nia banyak melakukan aktivitas menarik seperti membantu anak-anak tersebut mempersiapkan barang-barang yang diperlukan, belajar, bermain dan juga berkreasi.

Meskipun Nia melakukan proyek tersebut untuk anak-anak, Nia mengaku bahwa semua kegiatan yang dilakukan sangatlah disiplin dan teratur sebab diberikan jadwal khusus setiap harinya.

Sebelum memulai kegiatan belajar yang dimulai pada pukul delapan pagi, para siswa diberikan waktu untuk sarapan terlebih dahulu. Setelah sarapan, mereka akan belajar kurang lebih selama satu jam kemudian dilanjutkan bermain di taman yang berada di belakang Taman Kanak-kanak tersebut.

Potret kegiatan Nia, mahasiswi Universitas Andalas, saat menjadi volunteer Globe Kids International Project di Hungaria

Menurut orang-orang Hungaria, anak-anak diberikan waktu bermain di taman bertujuan agar mereka tidak terlalu stress. Seusai bermain, biasanya Nia akan membantu menyiapkan dan menemani murid untuk makan siang.

Selanjutnya, murid akan diberikan waktu untuk tidur siang selama dua jam. Selagi anak-anak tidur siang, Nia biasanya mengisi waktu kosong tersebut dengan berinteraksi dengan guru lainya dan menyiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan untuk esok hari.

Saat jam tidur siang telah selesai, pihak Taman Kanak-kanak sudah menyediakan cemilan (snack) untuk para murid. Sembari menunggu jemputan, mereka akan diberikan pertanyaan-pertanyaan ringan tentang pembelajaran hari itu.

Selama melakukan kegiatannya, Nia bertemu dengan EP (Exchange Participant/mahasiswa asing) lainya yang berasal dari Mexico dan Brazil. Perubahan yang Nia rasakan setelah menjalankan project ini ialah ia merasa lebih mandiri dan juga open minded, karena selama disana dia sangat sering berhubungan dengan orang-orang baru.

Ingin merasakan pengalaman seperti yang Nia rasakan? Dapatkan informasi lebih lanjutnya melalui akun Instagram AIESEC Unand di @aiesecunand.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top