Artikel

Kolaborasi AIESEC in UNAND Dengan Seruan Pemuda Hadirkan Webinar “Be Aware, Take Action”

Ditengah pandemi COVID-19 yang mewabah saat ini, sebagian orang memanfaatkan teknologi agar tetap berkoneksi dengan yang lain. Webinar sendiri adalah gabungan dari  kata web dan seminar, yang pada prakteknya mengadakan seminar berbasis web dengan audience yang juga dipertemukan via aplikasi pihak ketiga seperti Zoom, Microsoft Team, atau Google Meet.

Berbagi informasi lewat webinar adalah salah satu solusi di tengah pembatasan sosial yang sedang terjadi saat. Sabtu, 16 Mei 2020 kemarin, seminar web virtual Impact Circle yang diadakan oleh organisasi AIESEC in Universitas Andalas bersama organisasi Seruan Pemuda membahas bagaimana peran pemuda dalam menghadapi pandemi COVID-19. Dalam kesempatan tersebut, tema yang diangkat ialah “Be aware, Take Action” yakni sadar dan ambil tindakan.

Sesi webinar tersebut dihadiri secara online oleh Ketua Umum AIESEC in Unand yaitu Fajri Salsabila Wizi, Content Director infoSumbar yaitu Emen, dan Minister of Strategic Action dari organisasi Seruan Pemuda yaitu Fathurrahman Ananda Menaz.

Pada sesi yang disampaikan oleh Riri selaku petinggi AIESEC in Unand, selain mengajak pemuda-pemudi untuk berkegiatan di rumah, juga memaparkan beberapa kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh pemuda saat pandemi ini seperti: melakukan donasi untuk orang-orang yang terdampak COVID-19, menemukan dan melakukan hobi baru, membantu UMKM sekitar, meningkatkan koneksi dengan sesama, serta mengingatkan kesadaran pemuda satu sama lain di tengah pandemi ini.

Sebagai organisasi yang aktif dibidang sosial, Seruan Pemuda dan AIESEC in Unand, serta beberapa organisasi lainnya juga menggerakkan kegiatan yang mana kegiatan tersebut memiliki goal yang sama yaitu berupaya membantu para “pejuang” yang terdampak oleh pandemi ini.

Kegiatan tersebut berupa penggalangan dana dan kemudian akan disalurkan kepada pihak yang memerlukan bantuan tersebut. Sementara itu, dampak dari pandemi ini juga dipaparkan oleh Emen dengan memberikan data-data mengenai orang-orang yang mengalami PHK hingga dampak perekonomian di Kota Padang.

Pada seminar web Virtual Impact Circle tersebut, kepedulian pemuda-pemudi di Kota Padang terhadap permasalahan pandemi yang terjadi pada saat ini menjadi tonggak yang kuat untuk saling membantu sesama masyarakat yang terdampak.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anak muda di Kota Padang agar dapat berpartisipasi dalam pencegahan COVID-19 ini serta berperan aktif dalam membantu pejuang dan orang orang yang terkena dampak pandemi ini. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif ditengah masyarakat dalam menghadapi pandemi pada saat sekarang ini.

To Top