fbpx
Artikel

Kolaborasi Artha Graha Peduli dan Korem 032 Wirabuana Melahirkan Aksi Sosial dan Pengobatan Massal di Mentawai, Sumatera Barat

Dalam rangka Hari Pers Nasional 2018 yang diadakan di Padang, Sumatera Barat, pihak Artha Graha melalui Artha Graha Peduli menyambangi Kab. Mentawai untuk melakukan aksi sosial dan pengobatan massal. Kegiatan yang merupakan kolaborasi bersama Korem 032 Wirabuana ini dilakukan di RSUD Kab. Kep. Mentawai, Sipora Utara. Pengobatan massal yang ditunggu-tunggu masyarakat sekitar ini memberikan arti sendiri karena banyak masyarakat yang ternyata tidak mampu berobat dan selama ini hanya memanfaatkan obat-obatan herbal jika sakit. Masyarakat yang mendatangi RSUD Kab. Kep. Mentawai untuk mengikuti pengobatan massal ini kebanyakan menderita penyakit sakit mata, asam urat, dan juga kulit.

Kegiatan sosial yang berlangsung dua hari ini (7-8 Februari 2018) dilakukan oleh Artha Graha Peduli yang bekerjasama dengan Korem 032 Wirabuana, Yayasan Buddha Tzu Chi, Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar dan RSUD Kab. Kep. Mentawai. Kegiatan ini pun tidak memungut biaya sedikit pun dari masyarakat, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga obat-obatan.

Kerjasama Artha Graha Peduli dan Korem 032 Wirabuana berhasil melengkapi RSUD Kab. Kep. Mentawai dengan banyak posko-posko kesehatan. Tersedia 8 pos pemeriksaan, 1 pos spesialis, dan juga khitanan massal, yang mana dilakukan di ruang IGD RSUD Kab. Kep. Mentawai.

Tidak tanggung-tanggung, Artha Graha Peduli mendatangkan dokter-dokter yang kompeten yang sudah bekerjasama dengan dokter yang sudah stand by dari RSUD Kab. Kep. Mentawai. Menurut Heka Hertanto, Ketua Harian Artha Graha Peduli, kegiatan sosial ini dihadiri oleh kurang lebih 1.100 pasien yang membutuhkan pengecekan kesehatan maupun pengobatan.

“Ini merupakan langkah awal Artha Graha Peduli. Untuk sementara, kegiatan ini baru dilakukan di Tua Peijat. Semoga Artha Graha bisa datang lagi ke Kab. Mentawai untuk melakukan aksi sosial seperti ini di daerah lain sekitaran Kepulauan Mentawai yang merupakan salah satu kepulauan terluar di Indonesia”, lanjut Heka.

Kedatangan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, di RSUD Kab. Kep. Mentawai juga menarik perhatian masyarakat yang sudah datang. Luhut sendiri berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan mampu bekerjasama dengan pemda setempat dalam rangka mensejahterakan rakyat.

Luhut juga berharap, “tidak harus selalu potensi wisata yang ditingkatkan. Tingkat kesejahteraan masyarakat Mentawai juga tidak harus dilupakan. Maka mari saling berkolaborasi untuk menghasilkan masyarakat yang sehat dengan wisata yang mumpuni”.

Trending

To Top