Artikel

[Liga 1] Syafrianto Rusli Mundur Usai Ditundukkan PS Tira Kabo di Stadion H. Agus Salim

Hasil positif masih belum diraih Semen Padang FC setelah pada pertandingan sebelumnya mengimbangi Persipura Jayapura di Stadion Mandala. Kekalahan kedua di kandang, Stadion H. Agus Salim, harus dikecap oleh anak asuh Syafrianto Rusli di laga pada Senin (8/7).

Tim Kabau Sirah harus menyerah 1-3 di tangan PS Tira Kabo asuhan Rahmad Darmawan yang bermain menyerang dari awal babak pertama. Menerima hasil tersebut, Syafrianto Rusli menyatakan mundur dari kursi pelatih Semen Padang FC.

Di awal pertandingan yang diguyur hujan sejak wasit Nusur Fadila meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, kedua tim bermain saling serang dengan beberapa kali melepaskan umpan terobosan dan tendangan keras dari luar kotak pinalti.

Jose Augusto Sardon, pemain asing Semen Padang FC yang musim lalu bermain untuk Persela Lamongan, menjadi pemain yang aktif di lini tengah pertandingan. Pemain asal Argentina tersebut terhitung dua kali melakukan tendangan on target dalam 15 menit permainan babak pertama.

Gawang Semen Padang FC bobol di menit 17 lewat pergerakan Ciro Henrique Alves yang berhasil lolos dari jebakan offside yang dimainkan oleh barisan pertahanan Kabau Sirah. Menerima umpan dari Osas Saha, Ciro Henrique berlari dan melepaskan tendangan mendatar ke sisi kiri gawang Teja Paku Alam.

Setelah kebobolan, para pemain Semen Padang FC langsung mengambil inisiatif menyerang lewat Rosad Setiawan dan Jose Sardon yang beberapa kali mencoba tendangan keras dari luar kotak pinalti namun masih belum bisa menyamakan kedudukan.

Aksi Irsyad Maulana Berduel Melewati Pemain-pemain PS Tira Kabo

Tidak tertekan dengan serangan Semen Padang FC, PS Tira menggandakan keunggulan menjadi 0-2 di menit ke 33. Berawal dari umpan lambung terukur yang dilepaskan oleh Ciro Henrique Alves ke depan gawang Teja Paku Alam, Loris Arnaud menyundul bola dan menambah beban Semen Padang FC untuk mengejar keadaan.

Pada menit ke 43, pendukung tuan rumah kembali harus menahan napas karena wasit menunjuk titik pinalti usai handsball yang dilakukan Dedy Gusmawan di dalam kotak dua belas Semen Padang FC. Pinalti yang diambil oleh Manahati Lestusen berhasil ditepis oleh Teja Paku Alam dan skor 0-2 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, coach Syafrianto Rusli langsung melakukan pergantian pemain. Dedi Hartono dimasukkan menggantikan Rosad Setiawan untuk menambah intensitas serangan dari sisi lapangan. Papan skor kembali berubah menjadi 0-3 di menit ke 63 lewat gol Wawan Febriyanto yang menerima umpan terobosan dan menendang bola ke arah yang tidak terjangkau oleh Teja Paku Alam.

Pergantian pemain kedua dilakukan oleh Semen Padang FC dengan mengganti M. Rifqi dan memasukkan Riski Novriansyah. Bermain menggunakan dua penyerang, Kabau Sirah mulai memberikan serangan kepada PS Tira lewat Dedi Hartono yang mulai aktif memberikan umpan lini serang.

Perubahan strategi itu berhasil dengan gol yang dilesakkan oleh Irsyad Maulana di menit ke 70. Lolos dari kawalan bek PS Tira, Irsyad Maulana yang menerima umpan dari Fridolin Kristof Yoku berhasil menjebol gawang Angga Putro.

Tidak ada gol lagi tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Dengan berakhirnya laga tersebut, Semen Padang FC harus puas dengan hanya meraih 3 poin dari 6 pertandingan yang sudah dimainkan. Merespon hal tersebut, pada konferensi pers usai pertandingan pelatih kepala tim Kabau Sirah, Syafrianto Rusli, menyatakan mundur karena tidak mampu memberikan yang terbaik bagi tim.

“Maaf kepada seluruh masyarakat pendukung SP karena saya tidak bisa memberikan apa yg pendukung inginkan. Sesuai janji saya, saya menyerahkan tim ini kepada manajemen dan berharap pelatih baru bisa memperbaiki tim dan tetap di Liga 1”, ujar pelatih berusia 57 tahun tersebut.

 

Line up Semen Padang FC vs PS Tira Kabo

Semen Padang FC

Coach: Syafrianto Rusli

Jersey: Merah – Merah

12. Teja Paku Alam; 22. Agung Prasetyo, 27. Dedy Gusmawan, 3. Shukurali Pulatov; 90. Boas Atururi, 55. Muhammad Rifqi (68′), 6. Fridolin Kristof Yoku, 31. Rosad Setiawan (46′), 30. Jose Augusto Sardon (75′); 9. Karl Marx Barthelemy. 88. Irsyad Maulana (C)

Cadangan: 21. Rendy Oscario; 5. Novrianto, 15. Leo Guntara; 10. Mario Alberto Barcia, 7. Rudi (75′), 10. Dedi Hartono (46′); 14. Riski Novriansyah (68′)

PS Tira Kabo

Coach: Rahmad Darmawan

Jersey: Putih – Putih

1. Angga Saputro; 5. Andy Setyo Nugroho, 19. Khurshed Beknazarov, 3. Muhammad Abduh Lestaluhu, 12. Muhammad Rifad Marasabessy (90′); 77. Ciro Henrique Alves Ferreira E Silva, 13. Manahati Lestusen (C), 6. Parfait Louis Essengue Eloumou, 23. Wawan Febriyanto (82′); 11. Osas Saha (82′), 9. Loris Arnaud

Cadangan: 15. Teguh Amiruddin; 17. Mountala Zoubairou, 18. Vava Mario Zagalo (90′); 10. Muhammad Guntur Triaji (82′), 22. Munadi, 8. Rezky Ikhwan, 68. Roni Sugeng Ariyanto (82′)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top