Artikel

[Liga 2] Semen Padang FC Gagal Mencuri Poin dari Kalteng Putra FC di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya

Semen Padang FC menyongsong harapan yang tinggi saat bertandang ke Stadion Tuah Pahoe, stadion kebanggan Kalteng Putra FC di pertandingan kedua babak 8 besar Liga 2 Indonesia. Hasil positif yang diraih tim yang diasuh oleh Syafrianto Rusli pada laga sebelumnya membuat Irsyad Maulana dan kawan-kawan ingin mengulang hasil yang sama.

Kalteng Putra FC langsung mengawali laga dengan menyerang barisan pertahanan Semen Padang FC lewat umpan-umpan panjang dan pergerakan yang sporadis. Beberapa kali, K.H Yudo dan Siswanto mencoba menerobos lini yang dikawal oleh Ngurah Nanak, Ahmad Mahrus Bahtiyar, dan Hengki Ardiles. Menit ke 4, pergerakan K.H Yudo harus terpaksa dihentikan oleh Fridolin Kristof Yoku dengan tekel dianggap pelanggaran oleh wasit.

Tendangan bebas yang diambil oleh Dadang Aprianto membentur tiang gawang. Ugix yang berada pada posisi on side, menerima bola pantul dan langsung mengoper bola kepada Siswanto. Siswanto melepaskan tendangan yang mampu ditepis oleh Rendy Oscario namun K.H Yudo yang lepas dari penjagaan, bebas menyarangkan bola ke gawang yang sudah kosong. Papan skor berubah, skor 1-0 untuk Kalteng Putra FC pada menit ke 5.

Semen Padang FC sendiri nampak terlalu banyak kehilangan bola karena umpan-umpan yang tidak tepat sasaran dan melakukan pelanggaran-pelanggaran yang tidak penting. Kalteng Putra FC memanfaatkan kesempatan itu untuk mengancam barisan pertahanan Kabau Sirah lewat bola-bola mati hasil perlanggaran tersebut.

Setiap kali Semen Padang FC membangun serangan, hampir semua pemain Kalteng Putra FC turun ke barisan pertahanan untuk menutup ruang punggawa Semen Padang FC. Kalteng Putra FC hanya meninggalkan Siswanto di depan ketika Semen Padang menyerang.

Pergerakan Riski Novriansyah selalu ditutup oleh barisan pertahanan Kalteng Putra FC

Banyaknya pemain yang turun membuat pemain-pemain Semen Padang FC kesulitan menembus pertahanan Kalteng Putra FC. Tidak ada gol lagi tercipta hingga akhir babak pertama dan keunggulan 1-0 untuk Kalteng Putra FC atas Semen Padang FC.

Pada awal babak kedua, coach Kalteng Putra FC, Kas Hartadi, melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Siswanto dan memasukkan Beni Oktavianto. Beberapa kali Irsyad Maulana dan Rosad Setiawan mencoba melepaskan tendangan keras dari luar kotak pinalti Kalteng Putra FC namun masih belum bisa menyamakan kedudukan. Pada menit ke 56, Syafrianto Rusli mengganti Rosad Setiawan dengan Elthon Maran untuk menambah serangan Semen Padang FC

Selain melakukan build-up dari kaki ke kaki, Semen Padang FC selalu mencoba menyerang lewat Hengki Ardiles yang menusuk ke barisan pertahanan Kalteng Putra FC namun selalu gagal karena tidak ada pemain yang siap menerima umpan tersebut.  Lini tengah Semen Padang FC pun berhasil dimatikan oleh pemain-pemain Kalteng Putra. Hal ini juga membuat terputusnya strategi Semen Padang FC ketika akan membangun serangan. Kedua tim tidak mampu merubah papan skor hingga wasit Ahmad Tuharea asal Sulawesi Selatan meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

 

Line Up Semen Kalteng Putra FC vs Semen Padang FC

Kalteng Putra FC

25. Riki Pambudi; 32. Bhudiar Muhammad Riza, 16. Fandy Edy, 39. Hery Susilo, 87. Yericho Chistiantoko; 7. Dadang Apridianto (C, 78′), 15. Firman Utina; 29. I Made Adi Wirahadi, 99. Kushedya Hari Yudo, 88. Siswanto (48′), 37. Wusono Budi Ugik Sugiyanto (78′).

Cadangan

52. Ridho Fawzi Ilhamdi; 2. Crah Eka Angger Iswanto; 19. Dendi Agustan Maulana (78′), 91. Dicky Prayoga Fammy Hidayat, 14. Michael Bonjozi Rumere (78′); 98. Beni Oktovianto (48′), 10. Eksel Timothy Joseph Runtukahu

 

Semen Padang FC

21. Rendy Oscario; 28. A.A Ngurah Wahyu Trisnajaya, 32. Ahmad Mahrus Bahtiyar, 11. Hengki Ardiles (C); 23. Firman Septian (76′), 6. Fridolin Kristof Yoku, 15. Leo Guntara, 19. Manda Chingi (70′), 31. Rosad Setiawan (56′); 88. Irsyad Maulana, 14. Riski Novriansyah

Cadangan

20. Guntur Pranata; 2. Ibrahim Sanjaya, 5. Novrianto; 37. Juan Revi Auriqto, 7. Rudi (70′); 91. Afriansyah (76′), 17. Elthon Thoncy Maran (56′)

 

Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya

Selasa, 30 Oktober 2018, pukul 15.15 WIB

To Top