fbpx
Artikel

Menikmati Indah dan Asrinya Alam di Air Terjun Nyarai Lubuk Alung

Objek wisata Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Air Terjun yang dulunya tersembunyi di Hutan Gamaran ini kini menjadi salah satu primadona wisata di Sumatera Barat. Bahkan nama Gamaran sudah tersohor hingga ke skala nasional.

Lokasi ini bisa ditempuh 1,5 jam dari Bandara Internasional Minangkabau ke posko utama. Lokasinya yang berada di pedalaman hutan, membuat kita harus mencapainya dengan berjalan kaki menerobos hutan Gamaran.

Daerah wisata ini benar-benar hasil kreasi dan dikelola oleh pemuda setempat. Mulai dari membuka jalan, pemeliharaan, hingga penyediaan guide yang akan menuntun kita menuju Air Terjun yang terkenal dengan batuan yang berlubang di tengah kolam alaminya.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan oleh berbagai pemandangan alam yang masih asri dan sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu ada beberapa lubuak (kolam alami) yang akan dilewati seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang.

Jika sampai ke Air Terjun Nyarai dijamin semua rasa lelah selama perjalanan akan terobati dengan indahnya air terjun Nyarai. Airnya yang berwarna kehijauan serta diapit oleh dua tebing batu yang besar. Kamu juga bisa melompat dari dinding batuan alami yang terdapat pada sisi kiri dan kanan air terjun ini namun harus tetap berhati-hati.

Pada bagian bawah aliran air dari air terjun ini terdapat juga kolam alami yang bisa kamu nikmati untuk bersantai dengan sejuknya air dari air terjun ini. Aliran yang cukup kuat juga membuat kamu harus berhati-hati untuk melangkah agar tidak tergelincir.

Untuk sampai ke air terjun nyarai, dari pos 1 nyarai kita akan berjalan kaki menyusuri hutan selama kurang lebih 2 jam perjalanan karena kita akan menyusuri hutan dengan jarak kurang lebih 5 KM dari posko utama tersebut. Hanya dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 20.000, kamu sudah bisa mendapatkan paket keindahan dan olahraga tracking yang menawarkan keindahan asli alam Sumatera Barat nan hijau dan sejuk.

Trending

To Top