Artikel

Menjadi Bagian dari AIESEC in UNAND

AIESEC merupakan organisasi kepemimpinan yang dijalankan oleh anak muda di dunia. Organisasi ini tersebar di 127 negara dengan terdiri dari 2.400 universitas. Salah satunya di UNAND (Universitas Andalas), dimana biasa disebut AIESEC in UNAND.

Sedikit sejarah, tepat pada tanggal 27 Juli 1993, AIESEC di Indonesia melahirkan Local Committee AIESEC di UNAND pada Rapat Nasional di Gelanggang Remaja Kuningan, Jakarta, dengan 12 orang founder. Setelah itu, AIESEC in UNAND mendapatkan jabatan pertama dan kantor baru dengan izin dari Bapak Syahrudin selaku Dekan Fakultas Ekonomi UNAND serta Ketua Lembaga Studi Kependudukan. Rekrutmen anggota dibuka secara berulang dua kali dengan total 150 anggota yang semuanya berbasis di fakultas ekonomi.

Proyek yang berjalan pada tahun 1993/1994 antara lain: Stock Exchange Game dengan Desril Muchtar sebagai Organizing Committee President (OCP), dan Entrepreneurship Training Edi Ariyanto sebagai Organizing Committee President (OCP). AIESEC UNAND merupakan Local Committee pertama di Indonesia yang didirikan di luar Pulau Jawa.

Berbicara tentang benefit atau keuntungan apa saja yang mungkin bisa didapat di AIESEC, sebenarnya ada banyak yang bisa kita ambil manfaat dengan bergabung di organisasi ini. Mari kita bahas satu persatu:

Dari Segi Lingkungan

Lingkungan di AIESEC adalah lingkungan yang supportive, opened, challenging, dan penuh dengan terobosan baru. Dimana ini sangat bermanfaat dalam membantu mengembangkan diri terutama kemampuan kepemimpinan yang sangat dibutuhkan oleh anak muda saat ini. Lingkungan di AIESEC sangat menghargai tiap individu. Dengan mendapatkan lingkungan yang baik, maka akan mampu mempengaruhi member atau anggota yang berada di lingkungan tersebut.

Dari Segi Networking

Dikarenakan organisasi terhubung dengan 127 negara, maka akan sangat memungkinkan orang-orang yang bergabung dalam organisasi ini memiliki networking yang luas. AIESEC juga kerap membangun kemitraan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan, media, dan organisasi lainnya yang tentu akan memperluas lingkup networking yang nantinya akan sangat berguna untuk masa depan.

Mampu Mengatur Waktu Dengan Baik

Berdasarkan pengalaman-pengalaman dari member-member yang dulu pernah bergabung AIESEC atau bisa kita sebut para alumni AIESEC. Mereka mengatakan bahwa mereka akhirnya mampu mengatur waktu mereka dengan baik dikarenakan program-program yang mereka lakukan menuntut mereka untuk bergerak cepat dan tanggap.

Mendapatkan Nama Sapaan Yang Asik

Maksudnya adalah orang-orang yang akhirnya menjadi bagian dari AIESEC atau akrab disapa AIESECer akan mendapat respons baik, dikarenakan organisasi ini sudah cukup terkenal di banyak tempat dikarenakan kualitas individu-individu yang merupakan AIESECer dengan profesionalitas dan integritasnya.

Hal Lainnya Termasuk Kemampuan Kepemimpinan

Organisasi ini merupakan platform bagi anak muda untuk mengembangkan potensi mereka. Selain kemampuan kepemimpinan, organisasi ini juga membantu anak muda mengembangkan potensi-potensi mereka. Sebagai contoh, jika ada seorang AIESECer yang tertarik dengan designing, AIESEC menyediakan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan potensi tersebut. AIESEC dapat dikatakan sebagai platform yang menyediakan semua hal yang anak muda butuhkan untuk mengembangkan potensinya.

Itulah hal-hal yang bisa dapatkan ketika menjadi bagian dari AIESEC atau akrab disapa AIESECer.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top