Artikel

Pakai BRIZZI di Trans Padang Praktis, Aman dan Nyaman

Dalam rangka mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), sejak tahun 2016, Dinas Perhubungan Kota Padang menggandeng Bank Rakyat Indonesia dalam hal penggunaan BRIZZI (uang elektronik) untuk pembayaran di Bus Trans Padang. Terhitung mulai 17 Agustus 2019, Trans Padang tidak melayani pembelian tiket dengan uang tunai, maka masyarakat dihimbau untuk dapat menggunakan BRIZZI sebagai pengganti uang tunai untuk pembelian tiket.

Kerjasama ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan MOU oleh BRI Kanca Padang dan Dinas Perhubungan kota Padang serta disaksikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 16 Agustus 2019 di Kanwil BRI Padang. Selanjutnya launching penggunaan BRIZZI di Trans Padang juga telah dilakukan oleh Walikota Padang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang dan bersama Pemimpin Wilayah BRI Padang di Halte Imam Bonjol pada tanggal 17 Agustus 2019.

Penandatanganan MOU Kerjasama BRI Kanca Padang dan Dinas Perhubungan kota Padang. Perjanjian tersebut disaksikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat dan Pemimpin Wilayah BRI Padang

Pembayaran menggunakan BRIZZI ini diharapkan mampu untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai, sehingga dengan tap BRIZZI di EDC Bank BRI, seketika transaksi selesai dilakukan dengan nominal pembayaran yang lebih akurat dan tidak perlu repot lagi dengan uang kembalian.

BRIZZI ini dapat diperoleh dengan mudah oleh masyarakat dengan melakukan pembelian kartu BRIZZI Rp. 20.000 tanpa harus membuka rekening di Bank. Pembelian BRIZZI dapat dilakukan di seluruh unit kerja Bank  BRI dan merchant kerjasama. Pada tahap awal ini, Dinas Perhubungan Kota Padang  bersama dengan Bank BRI juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh BRIZZI yaitu dengan melakukan penjualan BRIZZI di 10 titik halte Trans Padang.

Selain itu, BRIZZI ini juga tidak dikenakan biaya admin,bunga atau potongan lainnya setiap bulannya. Selanjutnya, saldo BRIZZI dapat di Top Up di seluruh E-Channel BRI (ATM, Mobile Banking, Internet Banking, Agen BRILINK dan Kartu Debet Bank Lain serta dilokasi yang telah ditentukan). Khusus top up Brizzi melalui Agen Brilink akan dikenakan biaya Rp. 1.000.

Syamsul Arifin, selaku Pemipin Wilayah BRI Padang menyatakan bahwa Kanwil BRI Padang telah menerbitkan ±191.000 kartu BRIZZI yang diharapkan dapat digunakan masyarakat  dalam melakukan pembayaran non tunai di Wilayah Sumatera Barat yaitu Parkir Bandara International Minangkabau, Objek Wisata Bukittinggi serta di 2.249 Toko/ Merchant yang memiliki EDC BRI yang tersebar di wilayah Sumatera Barat dan Kerinci.Selanjutnya, dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, Bank BRI memberikan promo diskon bagi pengguna BRIZZI di Trans Padang, yaitu potongan Rp.1.000 dari tarif normal.

Akhir kata Pemimpin Wilayah BRI Padang menyatakan “Ayo  sanak sadonyo, pakai BRIZZI di Trans Padang praktis, aman dan nyaman”.

To Top