Artikel

Per 26 Maret 2020, Lima Orang Pasien Positif Terpapar Corona di Sumatera Barat

Menurut website tanggap COVID-19 Provinsi Sumatera Barat, corona.sumbarprov.go.id, per tanggal 26 Maret 2020, pasien yang positif terpapar virus Corona menjadi lima orang. Data tersebut merupakan data mutakhir yang dirilis untuk hari ini setelah sebelumnya beredar informasi bahwa pasien yang positif terpapar virus Corona di Sumatera Barat adalah tiga orang.

Pihak Litbang Kemenkes RI menyatakan bahwa hingga pukul 16.30 WIB, diinformasikan, bahwa warga Sumatera Barat yang telah dinyatakan positif terkena Covid-19 adalah sebanyak 5 (lima) orang, dengan rincian dua orang dari hasil Lab. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan tiga orang dari hasil Lab. Litbang Kemenkes RI.

Kehadiran Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dianggap sangat membantu Pemprov Sumatera Barat mengetahui secara cepat hasil laboratorium dan status pasien dalam penanganan Covid-19.

“Di Laboratorium Universitas Andalas tersebut, pemeriksaan menjadi lebih cepat diketahui dibandingkan harus mengirim sampel swab hidung dan tenggorokan pasien ke Laboratorium Litbangkes Kemenkes di Jakarta yang memakan waktu dua minggu. Untuk PDP dalam waktu lima jam sudah bisa diketahui hasilnya,” ujar Irwan Prayitno yang diwawancarai oleh padek.co pada Kamis, 26 Maret 2020.

Dengan telah adanya izin Litbang Kemenkes terhadap Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas untuk bisa melakukan uji spesimen pemeriksaan swab, maka mulai hari ini dan selanjutnya pemeriksaan seluruh masyarakat yang ODP, PDP serta suspect Covid-19, secara bertahap akan dilakukan di Lab. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Lima pasien positif tersebut tersebar di beberapa kota/kabupaten di Sumatera Barat, dengan jabaran, Kota Padang satu orang, Kabupaten Pesisir Selatan satu orang, Kabupaten Tanah Datar satu orang, dan Kota Bukittinggi dua orang.

 

Sumber: padek.co dan Biro Humas Setdaprov Sumatera Barat

 

To Top