Artikel

Pesona 17 Pulau di Kota Padang Ini Membuat Kamu Ingin Segera Liburan

Pulau Pasumpahan

Kota Padang sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat terletak di pesisir barat pulau Sumatera. Kota Padang memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu mencapai 84 kilometer.

Kota Padang memang menyimpan sejumlah potensi wisata, tak terkecuali di lautannya, dimana ada puluhan pulau-pulau kecil yang berpasir putih yang sangat potensial dijadikan destinasi wisata bahari.

Setidaknya ada 17 pulau-pulau kecil di lautan Kota Padang, yang sebagian besar diantaranya masih sangat asri dan alami serta belum dikelola sebagai tempat wisata oleh Pemko Padang.

Berikut 17 Pulau di Kota Padang yang membuat kamu ingin segera liburan:

1. Pulau Sawo

Pulau Sawo

Pulau Sawo via dayatliensky.wordpress.com

Pulau kecil ini memiliki luas 4,6 hektare dan berada di sisi paling utara Kota Padang. Jaraknya tak jauh dari Pantai Pasir Jambak, hanya sekitar 2 kilometer dan bisa ditempuh dengan perahu nelayan selama 15 menit.

Pulau ini relatif datar dengan hamparan pasir putih yang halus. Selain itu suasana di pulau ini masih sangat asri dan alami karena tak ada aktivitas manusia disini.

Hanya ketika terjadi badai biasanya para nelayan memanfaatkan Pulau Sawo sebagai tempat berlindung. Disini kita bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari berenang hingga camping bersama teman-teman seperti yang dilakukan Uda Dayat.

Selain pantainya yang indah, ekosistem bawah lautnya juga sangat bagus karena banyak terdapat terumbu karang dan ikan hias, cocoklah untuk snorkeling. Dan kalau beruntung dari sini kita juga bisa melihat lumba-lumba lewat.

Jika Melihat Video Ini Maka Kamu Akan Bersyukur Bahwa Sumbar Dianugerahi Keindahan Alam Yang Luar Biasa

2. Pulau Pandan

Pulau Pandan

Pulau Pandan | Sumber: Loka KKPN Pekanbaru

Pernah mendengar atau membaca pantun yang berbunyi: “Pulau Pandan Jauah di Tangah, Di baliak Pulau si Angso Duo. Hancua Badan Dikanduang Tanah, Budi Baiak Takana Juo”.

Pulau Pandan ini memiliki luas 16,6 Hektare dan didominasi oleh tumbuhan kelapa. Pulau Pandan memiliki pasir yang putih, pantai yang landai serta perairan yang jernih dan relatif dangkal. Kondisi yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan seperti Snorkeling.

Dan kabarnya, di Pulau Pandan ini juga terdapat bangunan peninggalan Belanda. Di Pulau ini kabarnya juga ditempatkan seorang penjaga dan diberikan sebuah bangunan. Disini juga tersedia air bersih dan cocok untuk wisatawan yang ingin berkemah.

Jarak terdekat untuk mencapai pulau ini adalah dari Kota Padang. Bisa ditempuh menggunakan speedboat selama satu jam perjalanan atau menyewa perahu nelayan.

5 Pulau Eksotis di Sumbar Yang Jarang Terekspos
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Kawasan Wisata Mandeh

3. Pulau Air

Pulau Air | Sumber: Loka KKPN Pekanbaru

Pulau Air | Sumber: Loka KKPN Pekanbaru

Pulau Air merupakan pulau kecil dengan luas 4,7 hektare. Letak Pulau Air paling tak jauh dari Pulau Sawo yang berada dekat Pantai Pasir Jambak.

Perairan Pulau ini juga sangat jernih dan tidak terlalu dalam, cocok untuk melakukan kegiatan seperti snorkeling. Selain itu disini wisatawan juga bisa menikmati terumbu karang di bawah lautnya.

4 Pantai di Sumbar Yang Keindahannya Menunggu Untuk Kamu Kunjungi
Yuk ke Bukit Nobita, Temukan Sensasi Berfoto Berlatarkan Kota Padang

4. Pulau Sibunta

Lokasi Pulau Sibunta berada 12,5 kilometer dari Kota Padang dan bisa dicapai dengan menggunakan perahu motor selama 18 menit perjalanan.

Pulau ini sangat kecil, hanya memiliki luas 1,5 hektare dengan dihiasi pasir putih pada bagian pantainya dan tumbuhan kelapa, pohon aru serta sago pada bagian tengahnya.

Selain pantainya yang bersih bawah laut pulau ini juga dihiasi sejumlah terumbu karang dan ikan hias. Pulau ini juga sering menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut.

5. Pulau Bindalang

Pulau Bindalang berjarak 16 kilometer dari Pelabuhan Muaro dan dapat ditempuh dengan waktu 20 menit menggunakan perahu motor. Sama halnya dengan pulau-pulau sebelumnya, pulau ini juga memiliki pasir yang putih dan perairan yang jernih. Disini kita bisa camping, berenang atau snorkeling.

6. Pulau Toran

Pulau yang satu ini memiliki pasir putih dan pantai yang landai ebelah selatan dan sebelah utaranya lebih didominasi oleh vegetasi hutan yang sangat lebat dan ombak dari sebelah barat serta tenggara.

Untuk mencapai Pulau Toran, dibutuhkan waktu selama 30 menit dari Kota Padang menggunakan perahu motor serta 20 menit dari Pulau Sibunta.

7. Pulau Sinyaru

Pulau Sinyaru berada dekat dengan Pulau Sikuai, yaitu berjarak 7,4 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu 20 menit. Wisata utama di pulau ini adalah snorkeling dan diving.

Karena pulau ini memiliki terumbu karang dan alam bawah laut yang indah. Konon di bawah laut pulau Sinyaru ini juga terdapat bangkai kapal, sangat cocok bagi penikmat Wreck Dive.

8. Pulau Pisang Ketek

Pulau Pisang Ketek

Pulau Pisang Ketek via Panoramio

Kalau pulau yang satu ini sudah tidak asing lagi di Kota Padang, pulau ini berada tepat di depan Pantai Air Manis dan bisa dicapai dengan berjalan kaki kalau laut sedang surut.

Pulau Pisang Ketek sangat sejuk karena banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa dan pohon-pohon rindang. Jika Anda mau piknik dengan keluarga atau teman-teman pulau ini sangat cocok untuk kegiatan tersebut.

9. Pulau Pisang Gadang

Pulau Pisang Gadang berada di balik Pulau Pisang Ketek. Berbeda dengan Pulau Pisang Ketek yang berkarang, Pulau Pisang Gadang memiliki pantai yang cukup landai dengan pasir putih yang halus.

Pulau ini dulunya merupakan pulau persinggahan kapal-kapal Belanda apabila ombak besar. Katanya sih di pulau ini dahulunya terdapat banyak kuburan para tentara Belanda.

10. Pulau Pasir Gadang

Pulau Pasir Gadang mempunyai luas 12,57 ha, yang mendominasi adalah pasir, terletak sebelah timur Pantai Karolina dan berdekatan dengan pelabuhan Teluk Bayur.

11. Pulau Kasiak

Kalau yang ini bukan Pulau Kasiak di Pariaman, tapi letaknya berada 10 menit perjalanan dari Teluk Bayur. Pulau Kasiak didominasi oleh vegetasi hutan yang lebat.

12. Pulau Setan Ketek

Pulau Setan kecil ini terlatek di sebelah barat Sungai Pisang dan sebelah timur Pulau Pasumpahan, dan untuk menempuh pulau ini memakan waktu 5 menit dengan memakai mesin 45 PK.

13. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan via Indonesia.travel

Pulau Pasumpahan berada di pantai barat Kota Padang. Lokasinya di sebelah barat Pulau Setan Kecil atau 200 meter dari Pulau Sikuai. Persisnya di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Untuk mencapai Pasumpahan dari Sungai Pisang adalah dengan perahu kayu atau speedboat sekira 20 menit.

Pantai Pulau Pasumpahan memiliki pasir putih yang halus. Pulau seluas 5 hektare ini juga memiliki perairan yang jernih dengan tiga gradasi warna yaitu bening, hijau dan biru.

Di Pulau Pasumpahan ini kita juga bisa melakukan aktivitas seperti snokeling dan diving karena alam bawah lautnya sangat indah dipenuhi terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

14. Pulau Sirandah

Pulau ini terletak di bagian barat Pulau Sikuai. Dari Kota Padang butuh 40 menit untuk mencapai pulau ini menggunakan perahu motor.

Setiap harinya, puluhan kapal-kapal nelayan bagan yang berasal dari kawasan Bunguih menurunkan jangkar di sekitar perairan pulau ini untuk berlindung dan menunggu hari sore sebelum berangkat ketengah laut mencari ikan.

Alam bawah laut Pulau Sirandah juga sangat cocok untuk snorkeling dan diving. Selain airnya yang jernih, perairannya cukup kaya dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan.

15. Pulau Sironjong

Pulau Sironjong ini mempunyai pantai yang curam di sebelah timur,di sebelah selatan berbatas dengan Pulau Sikuai. Pulau ini didominasi oleh karang. Namun bagian pantainya juga memukau karena berpasir putih.

16. Pulau Ular

Pulau Ular terletak di sebelah barat Pulau Sikuai. Untuk mencapai pulau ini dari Sungai Pisang dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan perahu motor.

17. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai via Kompor.in

Dulunya Pulau Sikuai sudah dikelola oleh investor dan dibangun sejumlah fasilitas pendukung. Namun karena ada masalah kemudian Pulau ini menjadi terbengkalai dan kembali tak berpenghuni.

Meskipun begitu, Pulau Sikuai tak kehilangan pesonanya. Pasirnya yang putih dan lautnya yang bisa menjadikan pulau ini sangat eksotis dan begitu menggoda untuk dikunjungi.

Trending

To Top