Artikel

PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat Jamin Ketersediaan Listrik Sumatera Barat di Event Lunch With Press

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat mengadakan temu ramah dan Lunch with Press pada Kamis (12/12) bertempat di Safari Garden Cafe. Pada kesempatan tersebut, hadir General Manager PLN UIW Sumatera Barat, Bambang Dwiyanto, yang menyempatkan diri untuk menyapa rekan-rekan media yang hadir.

Bambang Dwiyanto menjelaskan bahwa kondisi ketahanan energi di Sumatera Barat saat ini sudah aman dan sudah memiliki cadangan yg melimpah. “Meskipun banyak gangguan yg terjadi hampir setiap hari, alhamdulillah, masyarakat Sumatera Barat sudah jarang merasakan mati lampu karena PLN selalu memiliki cadangan untuk setiap gangguan kelistrikan yang terjadi”, ujar Bambang.

PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat sendiri menyatakan siap menyambut investor yang ingin masuk ke Sumatera Barat dengan menyanggupi berapa pun pasokan listrik yang diminta oleh masyarakat.

Disaat bersamaan, Bambang Dwiyanto mengajak masyarakat untuk beralih ke penggunaan energi listrik (Shifting Electrical Lifestyle) untuk menghemat penggunaan energi secara umum. Sebagai contoh, kompor listrik ternyata lebih efektif 25-30% daripada penggunaan kompor gas. Dengan peralihan kompor gas ke kompor listrik, pastinya akan menghemat penggunaan energi lain, yaitu energi gas. Penggunaan kompor listrik pastinya juga akan lebih higienis dan minim resiko.

Foto Bersama General Manager PLN UIW Sumatera Barat, Bambang Dwiyanto, bersama rekan-rekan media di temu ramah Lunch with Press pada Kamis (12/12)

Tidak hanya itu, mengikuti perkembangan zaman dan implementasi Peraturan Presiden no. 55 tahun 2019, PLN juga mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) yang lebih efisien 75-80% dari motor konvensional yang menggunakan BBM.

Motor listrik sendiri juga ramah lingkungan dan rendah biaya perawatan. Penggunaan Kendaraan Berbasis Listrik (KBL) tersebut pastinya mampu meningkatkan efisiensi, konservasi energi, dan tercipta kualitas udara bersih. Saat ini, PLN secara nasional sudah menggunakan motor listrik buatan lokal, seperti Viar Q1 dan Gesits, sebagai kendaraan operasional di beberapa area PLN berbagai kota di Indonesia.

Menanggapi pertanyaan terkait kesiapan PLN menjelang akhir tahun 2019, Bambang juga menjabarkan bahwa PLN Unit Wilayah Sumatera Barat sudah memiliki persiapan khusus dengan membuat posko-posko yang bertugas menjaga keamanan dan stabilitas kelistrikan. “Petugas PLN di berbagai unit di Sumatera Barat akan siap sedia membantu masyarakat yang mengalami gangguan kelistrikan”, tutup Bambang Dwiyanto sembari mengajak rekan-rekan media berfoto bersama.

To Top