Artikel

Review : Redmi Note 4X, Perpaduan Performa dan Daya Tahan Baterai serta Harga Terjangkau

Xiaomi Redmi Note 4

Mencari ponsel pintar yang sesuai kebutuhan dan keinginan memang susah-susah gampang. Banyak ponsel pintar sekarang dijual di pasaran justru bukan menawarkan kebutuhan, tapi menawarkan trend. Hal ini dilema tersendiri bagi saya yang nyaris semua pekerjaan ada di handphone.

Bagi Kamu yang membutuhkan atau mencari kebutuhan handphone yang bisa mendukung pekerjaan seharian dengan performa yang cukup dan daya tahan baterai yang panjang tapi dengan harga yang masih terjangkau, maka Redmi Note 4 adalah jawabannya.

Kali ini saya akan mengulas ponsel Redmi Note 4 yang dikeluarkan oleh Xiaomi. Redmi Note 4 sendiri ada 2 versi. Satu versi prosesor Snapdragon dan satu lagi versi Mediatek. Yang akan saya ulas kali ini merupakan versi Snapdragon.

Kita akan mulai dari prosesor. Redmi Note 4X ini menggunakan prosesor Snapdragon 625 yang juga sebelumnya digunakan oleh ASUS Zenfone 3. Prosesor ini merupakan prosesor kelas menengah dengan delapan core Cortex A53. Dengan fabrikasi 14nm prosesor ini stabil dari segi performa dan tidak cepat panas. Ulasan lengkap mengenai kelebihan Snapdragon 625 bisa baca di sini.

Prosesor Snapdragon di Redmi Note 4 dibantu dengan RAM 3 GB dan internal 32 GB. Dengan RAM 3GB untuk penggunaan aplikasi berat dan multitasking saya tidak mengalami masalah. Sangat lancar. Untuk game memang tidak disarankan untuk game dengan grafis tinggi. Tapi dari game yang saya coba mulai dari Mobile Legend, Most Wanted, dan Asphalt 8 semuanya berjalan lancar.

loading...

Xiaomi Redmi Note 4 kalau bener belinya harusnya sudah terinstall dengan ROM MIUI versi Global berbasis Android Marshmallow. Kamu bisa coba Android Nougat dengan menginstall MIUI 9 beta.

Saya sempat mencoba MIUI 9 beta dua hari. Hasilnya sangat memuaskan. MIUI banyak melalukan perubahan untuk performa di MIUI 9. Tampilannya pun makin cantik. Performanya lebih oke dibanding MIUI 8, menajemen RAM lebih baik dan penggunaan baterai pun lebih hemat.

Untuk disain Redmi Note 4 tampak elegan dan berbobot. Apalagi warna hitam, ponsel ini tampak sangat ‘laki’. Hanya saja bagian belakang Redmi Note 4 gampang meninggalkan sidik jari. Layarnya juga sudah menggunakan layar 2,5D. Tapi tidak diketahui apa yang melindungi layarnya, jadi wajib bagi Kamu untuk membeli Tempered Glass untuk jaga-jaga. Resolusi layar dan kerapatan piksel layarnya menjadikan layar Redmi Note 4 ini terlihat bening dan bersih banget.

Sektor kamera sayangnya Xiaomi nggak spesial. Dibilang jelek tidak juga, tapi tidak bisa dibilang bagus. Tapi setidaknya hasil kamera di Redmi Note 4 ini lebih baik dari Xiaomi Mi4 yang saya pakai sebelumnya. Kamera belakang memiliki resolusi 13 Megapiksel dan kamera depan 5 Megapiksel. Hasil foto dan videonya biasa-biasa saja. Cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk konektivitas tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena sudah mendukung akses 4G juga. Redmi Note 4X juga sudah menggunakan USB 3.0, sayang untuk belum menggunakan USB type C. Xiaomi termasuk yang tidak pelit dengan sensor. Redmi Note 4 sudah dilengkapi sensor fingerprint, Accelerometer, Gyroscope, Proximity serta Compass.

Yang patut diacungi jempol dari Xiaomi Redmi Note 4 ini adalah baterainya yang memiliki kapasitas besar 4100 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu untuk penggunaan berat saya baterai bisa bertahan sampai 16 jam dengan screen on time-nya mencapai 10 jam lebih. Untuk pemakaian ringan hingga sedang dari 100 persen sampai 20 persen bisa 24 jam lebih.

bisa sampai 26 jam :))

Sekarang masalah harga karena mungkin banyak juga diantara kita yang membeli handphone tergantung budget. Redmi Note 4 dijual di rentang harga 2 jutaan. Di Padang terakhir dijual dengan harga 2-2,2 juta. Kalau jeli mencari bekas beberapa bulan pakai bisa jadi Kamu dapat 1,6-1,7 juta.

Mendapatkan handphone kelas menengah dengan performa premium tapi dengan harga tentu jadi nilai tersendiri. Tapi yang terpenting belilah handphone sesuai dengan kebutuhan bukan karena tren.

Komentar

Trending

To Top
Loading...