Artikel

Tourism Project; Peran AIESEC Dalam Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dari PBB

Buat para milenials, belum afdol rasanya jadi milenials kalo belum tau SDGs (suistainable development goals). Buat yang belom tau, SDGs adalah program pembangunan yang digagas oleh PBB yang merangkap 17 macam masalah yang harus diatasi untuk membawa dunia kearah yang lebih baik. Mulai dari masalah sosial, ekonomi, sampai masalah lingkungan. Jadi sudah seharusnya untuk kita menjadi generasi muda yang akan memimpin dunia ini buat aware sama SDGs ini. Salah satu organisasi milenials, yaitu AIESEC juga dukung kegiatan PBB dalam support SDGs ini loh.

Salah satu dari 17 SDGs itu ada SDGs nomor 8 yang lebih menjurus tentang ekonomi, yaitu pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi. Bagi Indonesia sendiri masalah sedikitnya lapangan pekerjaan sudah menjadi beban berat yang mengakibatkan banyaknya pengangguran. Sebagai anggota PBB, Indonesia juga berkomitmen untuk menyelesaikan masalah lapangan pekerjaan ini untuk mewujudkan SDGs nomor 8 tersebut. Pemerintah Indonesia juga cukup peka untuk mengatasi masalah minimnya lapangan pekerjaan. Seperti membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, memberikan proyek magang bagi calon tenaga kerja, dan lain-lain. Tapi kunci untuk mengatasi masalah ini yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Terus gimana sih cara AIESEC ngedukung SDGs ini? Jadi, AIESEC selalu ngadain project yang berlandaskan SDGs ini. Nah, salah satu project tersebut adalah “Tourism Project” yang akan berlangsung pada bulan Juli sampai Agustus. Selain mendukung SDGs nomor 8, project ini juga mendukung SDGs nomor 11 dan 14. Bakal ada exchange participant (pertukaran peserta) dari negara lain untuk mengeksplor­ kawasan pariwisata di Sumatera Barat. Dengan begini akan menarik para wisatawan dari negara lain untuk berlibur di Sumatera Barat dan secara tidak langsung akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.

Kamu bisa dukung langsung SDGs dengan cara menjadi bagian dari AIESEC loh, atau kamu ingin turun langsung menjadi bagian dari project tersebut? Tentu bisa! Banyak kesempatan menjadi host family, buddies dalam mensupport project AIESEC! Satu support kamu terhadap AIESEC, satu bukti kamu sudah mendukung SDGs loh, milenials!

Trending

To Top