Artikel

Webinar Bertajuk “Youth Today: International Career Fest” Digelar Oleh AIESEC in Universitas Andalas (25/10)

AIESEC in Universitas Andalas kembali mengadakan webinar gratis untuk tetap bisa memberikan dampak positif kepada banyak orang. Youth Today merupakan sebuah platform untuk menghubungkan anak muda dan menciptakan kesadaran tentang pentingnya mengembangkan leadership skill mereka.

Dengan tema “International Career Fest“, Youth Today hadir sebagai wadah untuk mendapat ilmu seputar karier profesional seperti: CV, interview, dunia kerja, dan magang internasional. Event ini diadakan pada hari Minggu, 25 Oktober 2020 melalui Zoom dengan meraih partisipan sebanyak lebih kurang 250 orang.

Acara ini dipandu oleh moderator Nyoman Meta Rosanti yang merupakan mahasiswa Universitas Sebelas Maret dan juga bertanggung jawab sebagai EP Coordinator & Customer Experience OGT AIESEC in Indonesia. Saat ini Meta juga melaksanakan magang sebagai HRD Intern di Shopee Indonesia.

Sedangkan untuk pengisi acara, ada Vini Permata Sari yang kini bekerja sebagai Senior Talent Manager Glints Singapore, Oktorido Asrialdi yang kini berkarier sebagai Resource Management Group Executive Tata Consultancy Services India, dan Dalila Ali yang bekerja sebagai Customer Engagement Specialist by.U Indonesia.

Pembicara pertama ada Dalila Ali. Sebelum bekerja di by.U Indonesia, beliau pernah menjadi Vice President of Incoming Exchange GCDP AIESEC in ITB 2012/2013. Dalam sesi ini, beliau menjelaskan bagaimana cara untuk mengelola potensi diri yang dimiliki dalam menghadapi dunia karir.

Ketidakpastian dalam dunia kerja itu memerlukan seseorang untuk selalu fleksibel dalam segala tantangan. Kreativitas, emotional intelligence, bekerjasama, kemampuan penyelesaian masalah merupakan skill yang perlu dilatih dengan mengenali dirimu, menjalin relasi, dan mau untuk selalu belajar.

Kemudian, acara dilanjutkan oleh Vini Permatasari. Beliau menjelaskan tentang bagaimana cara membuat CV yang ideal dan menjawab interview dengan benar. Ia melihat dua hal ini masih sangat sulit dilakukan dengan baik oleh para pemuda terutama bagi fresh graduate.

Perlunya waktu persiapan yang tidak sebentar hingga seseorang mampu untuk “menjual” dirinya di dunia kerja. Mulai dari selalu meng-update akun linked-in, membangun relasi, meningkatkan hard skill dan soft skill, hingga melakukan pencarian pada perusahaan apa yang ingin kita lamar dan apa yang mereka inginkan sehingga segala persiapan kita menjadi tepat sasaran.

Untuk penutup, ada penjelasan dari Oktorido Asrialdi. Sebelum berkarir sebagai Resource Management Group Executive Tata Consultancy Services India, beliau pernah menjadi Exchange Participant dalam program magang internasional Global Talent dari AIESEC ke New Delhi, India. Beliau menjelaskan bagaimana magang yang dilakukannya di luar negeri memberikan development dalam dirinya dan membentuk dirinya yang sekarang dan kemudian bisa membangun karir di luar negeri.

Untuk teman-teman yang ingin merasakan pengalaman magang di luar negeri, AIESEC in Universitas Andalas punya program untuk itu. Program Global Talent merupakan program magang ke perusahaan MNC maupun start-up di luar negeri secara profesional. Kemudian ada program Global Teacher memberikan pengalaman bekerja profesional di luar negeri dengan fokusnya lebih kepada institusi Pendidikan. Kedua program magang ini berlangsung selama 6-78 minggu dan bisa diperpanjang sesuai kesepakatan. Jika teman-teman berminat atau ingin tanya-tanya, bisa menghubungi AIESEC in Universitas Andalas melalui akun Instagram di @aiesecunand ya.

 

Trending

To Top