Kampus

Kosbema dan Himagri Unand Lakukan Bakti Sosial ke Lengayang

Bakti Sosial Kosbema dan Himagri Unand

Bakti Sosial

Komite Siaga Bencana Mahasiswa Universitas Andalas (KOSBEMA UNAND) melakukan bakti sosial untuk korban banjir bandang di Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan.

Bakti sosial yang bertajuk “Berbagi Senyuman Bersama SDN 49 Limau Manis Kulam” yang bekerja sama dengn Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) FP-Unand diadakan pada hari Sabtu, 25 Januari 2014 di Kenagarian Kambang, Kec. Lengayang Kab. Pesisir Selatan. Daerah ini merupakan daerah terparah terkena dampak bencana banjir bandang yang terjadi pada hari senin, tanggal 13 januari 2014 pada pukul 16.30 WIB.

Walikampung Limau Manis Kulam, John Effendi mengatakan bahwa kejadian ini terjadi tiba-tiba, dan tidak pernah terjadi sebelumnya. Tidak hanya di limau manis kulam saja yang terkena dampak, tetapi 2 desa lainnya.

“Kejadian ini terjadi akibat sungai yang sudah dangkal serta penebangan hutan di sekitar desa yang tidak disiplin dan hujan terus menerus mengguyur daerah ini. Namun warga masih bisa menyelamtakan beberapa barang berharga”, jelasnya.

Empat hari sebelum kegiatan ini dilaksanakan, Kosbema Unand & Himagri FP-Unand mengglang dana bantuan yang terkumpul sebanyak Rp. 5.669.000,-.

Dana ini berasal dari sumbangan para pengguna jalan masyrakat kota Padang serta donatur dari Universitas Andalas mulai dari Rektorat, Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Faklutas Peternakan, Fakultas Fisip, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra serta rekan-rekan mahasiswa Univeristas Andalas.

Dana tersebut digunakan untuk membantu menunjang sarana dan prasarana sekolah serta perlengkapan sekolah bagi anak-anak SDN 49 Limau Manis Kulam serta rumah yang hanyut akibat banjir tersebut.

Kegiatan bakti sosial ini tidak hanya sekedar pemberian bantuan saja, tetapi juga pemberian materi tentang kesigapan menghadapi bencana oleh Kosbema unand.

Sebelum kegiatan berakhir, Himagri mengadakan games untuk membahagiakan anak-anak tersebut. Anak-anak terlihat sangat antusias dan bersemngat sekali mengikuti games tersebut.

Kepala sekolah SDN 49 Limau Manis kulam, Dulkarim, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan seperti ini baru pertama kali diadakan. Dan beliau sangat berterima kasih atas kepedulian rekan mahasiswa dalam membahagiakan anak-anak di SD yang berdiri sejak tahun 1984.

To Top