Kampus

Pemilih Muda Akan Jadi Salah Satu Fokus Utama Sosialisasi KPU Sumbar

Jelang Pemilihan Gubernur Sumbar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar tengah menyiapkan tim untuk melakukan uji publik terhadap para calon yang akan bertarung dalam pemilihan Gubernur nanti.

Jelang Pemilihan Gubernur Sumbar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar tengah menyiapkan tim untuk melakukan uji publik terhadap para calon yang akan bertarung dalam pemilihan Gubernur nanti.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat, Nova Indra mengungkapkan bahwa pemilih pemula terutama mahasiswa akan menjadi salah satu target sosialisai yang akan dilakukan KPU Sumbar.

Pasalnya, jumlah mahasiswa yang masuk kelompok pemilih muda cukup besar, dan ini bisa menjadi kantong suara bagi parpol atau bakal calon yang akan bertarung dalam pilkada Sumbar nanti.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nova, saat menjadi pembicara dalam talkshow yang digelar BEM Universitas Negeri Padang bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, di gedung serba guna Fakultas Teknik UNP Air Tawar Padang, Selasa (19/5) lalu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk meningkatkan partisipasi pemilih di tingkat pemula dan mahasiswa, KPU Sumbar sejak 2014 lalu membentuk relawan demokrasi.

Relawan ini bertugas mengajak pemilih pemula, dan mahasiswa yang merupakan masyarakat cerdas, agar ikut menggunakan hak politiknya, sehingga hasil pemilihan berkualitas.

Selain membentuk relawan demokrasi, KPU memperbaiki sistem rekrutmen PPK dan PPS. “Sebab di tingkat inilah kunci atau tolok ukur partisipasi pemilih bisa dilihat,” jelasnya.

Sedangkan salah satu penyebab mahasiswa tidak bisa memilih adalah masalah surat keterangan domisili. Dimana pemilu lalu banyak mahasiswa yang terbentur soal surat domisilinya yang kemudian berujung pada tidak adanya surat pindah memilih yang menjadi syarat penting untuk bisa ikut memilih pada TPS berbeda.

Untuk mengatasi hal tersebut KPU Sumbar mengharapkan mashasiswa untuk lebih dulu mengurus surat pindah memilihnya agar hak politiknya tidak hilang.

“Minimal tiga hari sebelum memilih surat pindah memilihan sudah ada ditangan,” ujarnya di depan sekitar 300 orang mahasiswa dari berbagai jurusan di UNP yang hadir.

Kemudian Nova Indra juga ajak mahasiswa untuk tidak bosan kunjungi website KPU Sumbar yaitu www.kpu-sumbarprov.go.id. agar bisa mengerti seluk beluk proses pemilihan pada pilkada nanti hingga menyangkut tata cara pendaftaran pemilih hingga menyangkut proses akhir dari sebuah pemilihan.

Kegiatan talkshow pada mahasiswa ini merupakan yang kegiatan pertama dilakukan KPU Sumbar jelang melaksanakan pilkada serentak Desember mendatang. Dan dihadiri sekitar 300 Mahasiswa dari berbagai jurusan di UNP. (Huda Putra)

To Top