Kampus

Unand Tempati Peringkat Kedelapan UI GreenMetric World University Ranking

Kampus Unand Limau Manis dari Udara

Kampus Unand Limau Manis dari Udara

Pemeringkatan UI Greenmeteric World University Ranking telah diumumkan kemarin secara online. Pemeringkatan tersebut bertujuan untuk menilai kepedulian kampus terhadap konservasi air dan perubahan iklim. Aspek penilaian yang menjadi penilaian adalah setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation dan education.

Untuk tahun 2013, University of Nottingham, Inggris menempati urutan pertama. Urutan 1 sampai 10 rangking dunia direbut oleh perguruan tinggi di Amerika Serikat, Inggris dan Kanada, seperti Northeastern University, University Bradford, University of Connecticut, University of North Carolina, Chapel Hill dan lain-lainnya.

Perguruan tinggi dari Indonesia cukup banyak yang mengikuti pemeringkatan ini. Universitas Indonesia masuk urutan 30 peringkat dunia dan peringkat satu untuk Indonesia. Kemudian urutan kedua sampai kedelapan ditempati oleh Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Bandung, Institut Sepuluh November, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Andalas.

Bagi Unand hasil pemeringkatan ini mungkin yang maksimal dapat dicapai karena masih banyak yang harus dibenahi. Namun hasil pemeringkatan UI GreenMetric World University Rangking ini menambah pengakuan terhadap Unand atas pengelolaan lingkungan yang telah diberikan oleh Menteri Kehutanan RI pada tahun 2012.

Rektor Unand menyatakan bahwa untuk saat ini memang sulit untuk berada di atas peringkat UI, IPB, UNDIP, UNS dan ITS karena perguruan ini mempunyai dukungan akademik dan non akademik yang melebihi Unand. Namun imbuh Rektor “kita tidak harus berhenti sampai di sini, kita harus bekerja keras lagi dan menyediakan energi yang lebih besar agar kampus Unand mempunyai kemampuan daya dukung akademik dan non akademik untuk mendukung program penghematan energi dan mengantisipasi dampak perubahan iklim terhadap kehidupan dan kelangsungan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat.

Rektor optimis peringkat Unand akan semakin baik dari tahun ke tahun karena Unand memiliki sumberdaya manusia dalam bidang konservasi air dan energi, manajemen pengelolaan air dan sampah yang telah menamatkan studi di Jepang dan Eropa.

Pada kesempatan ini Rektor menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk pembenahan kampus, meningkatkan penghijauan dan pengajaran yang terkait dengan konservasi energi dan pengelolaan air. Ucapan terima kasih yang tulus disampaikan kepada semua tenaga kerja harian, tenaga keamanan dan masyarakat sekitar kampus yang telah memberi dukungan untuk menjadikan Unand lebih baik dari segala aspek. (Humas Unand)

To Top