Kampus

UPI-YPTK Luluskan Wisudawan dan Wisudawati Berkarakter Berlandaskan 12 Prinsip Dasar UPI-YPTK

Padang, 23-24 April 2019, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang menggelar wisuda periode 2 tahun akademik 2018/2019. Acara wisuda diselenggarakan di UPI Convention Center selama dua hari dalam sidang senat terbuka UPI YPTK.

Sidang senat terbuka diawali dengan anggota senat memasuki ruangan yang diiringi dengan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah itu pembacaan ayat suci Al-Quran dari perwakilan mahasiswa Fakultas Teknik UPI-YPTK, dzikir Asma’ul Husna oleh wakil rektor IV Dr. Muhammad Ridwan SE, MM dan doa oleh Jhon Very, MM, M. Kom selaku dekan FKIP. Rangkaian acara ini merupakan kebiasaan dan karakter dari kampus UPI YPTK, dimana setiap acara dan kegiatan selalu diawali dengan rangkaian tersebut.

Wisuda periode II tahun akademik 2018/2019 dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Putra Indonesia YPTK, Prof. Dr. Sarjon Defit, S. Kom, M. Sc. Dalam sidang senat terbuka tersebut UPI YPTK meluluskan 1371 orang, berarti hingga saat ini UPI-YPTK telah meluluskan 42.222 orang alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara. Rektor juga menyampaikan agar wisudawan-wisudawati jangan pernah puas dan melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi.

Prosesi Wisuda Periode II Tahun Ajaran 2018/2019 UPI-YPTK Padang di UPI Convention Center, Padang

Pada saat ini, kampus UPI YPTK telah membuka Program Doktor (S3) Ilmu manajemen, merupakan program doktor pertama bidang ekonomi di kampus swasta di pulau Sumatera dan kuliah perdana untuk program S3 (Doctoral) Ilmu Manajemen sudah berjalan sejak 5 April lalu. Tidak berhenti disitu, dalam waktu dekat UPI-YPTK juga akan menggelar program S3 (Doctoral) Ilmu Komputer yang sedang diurus izinnya di Kemenristek Dikti. Hal ini diupayakan agar lulusan UPI-YPTK bisa dengan mudah mencapai pendidikan tertinggi.

Selanjutnya, Rektor menyampaikan bahwa UPI-YPTK tergabung dalam SEASAC Project, dimana proyek ini didanai oleh Erasmus+ dari Uni Eropa dan bekerja sama dengan Turku University of Applied Sciences Finlandia sebagai project leader. Project SEASAC ini merupakan konsorsium dari 12 institusi pendidikan yang terdiri dari 4 Universitas di Eropa, 5 Universitas di Indonesia, 2 Universitas di Thailand dan SEAMOLEC. Terakhir, Rektor menyampaikan UPI-YPTK akan melaksanakan First Internasional Conference On Computer Science And Engineering pada 26-27 April 2019

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer YPTK Padang H. Herman Nawas menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati. Ketua Yayasan juga menyampaikan bahwa kunci kesuksesan ada 4 yaitu Yakin atas pertolongan Allah SWT, semangat yang menggebu-gebu, fokus dan patuh. Inshaallah dengan keempat hal ini akan mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat. Herman Nawas pada kesempatan ini juga menyampaikan bahwa kesuksesan para wisudawan/wati pada hari ini merupakan pertolongan Allah SWT dan Doa dari kedua orang tua.

Ketua Yayasan juga menyampaikan bahwa ada tiga kebahagian yaitu Kebahagian fisik, kebahagian emosional dan kebahagian spiritual. Diharapkan seluruh wisudawan dan wisudawati untuk dapat mengejar kebahagian spiritual, karena Inshaallah dalam kebahagian spiritual ada kebahagian fisik dan kebahagian emosional didalamnya

Yandri Anas, SH, MH selaku Sekretaris Pelaksana LL DIKTI X menyampaikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu sarana dan prasarana, akreditasi kampus dan jurusan. “Alhamdulillah kampus UPI YPTK sudah memenuhi semua hal tersebut”, ujar Yandri Anas. Selanjutnya, sebagai perwakilan Kemenristekdikti, Yandri mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati dan menyampaikan penghargaan kepada UPI YPTK atas perannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, diharapkan lulusan UPI YPTK dapat bersaing secara global.

To Top