Nasional

Gempa Doublet Landa Bengkulu, Beberapa Kali Gempa Susulan

gempa sumbar

Bengkulu diguncang 2 kali gempa bumi pada rabu (19/8) dengan kekuatan yang hampir sama dan lokasi yang berdekatan. Gempa pertama pada pukul 05.23.56 WIB dengan magnitudo M 6,6 (setelah diupdate) dan gempa kedua pukul 05.29.35 WIB dengan magnitudo M 6,7 (setelah diupdate).

Untuk episenter atau pusat gempa yang pertama berada di jarak 169 km arah Baratdaya Bengkulu dengan kedalaman 24 km. Sedangkan gempa kedua berada pada jarak 78 km arah Baratdaya Bengkulu Utara dengan kedalaman 86 Km. Fenomena kedua gempa ini disebut Gempa Doublet.

Guncangan kuat dilaporkan terjadi di Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, Mukomuko, Seluma, Kepahiang dalam skala intensitas IV MMI, warga sembat lari berhamburan keluar rumah akibat panik akibat guncangan kuat yang terjadi secara tiba-tiba.

BMKG mencatat sampai dengan pukul 06.40 WIB terjadi sebanyak 5 kali gempa susulan dengan intensitas yang lebih kecil. Kedua gempa ini juga tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak mempercayai isu yang tidak bertanggung jawab.

To Top