Nasional

Ini Langkah Kemdikbud Menanggapi Kebocoran Soal UN

ujuan nasional 2015

Praktek Ujian Nasional tahun ini tampaknya belum bisa lepas dari kecurangan dan kebocoran soal ujian. Hal ini terbukti dengan adanya kebocoran 30 paket soal ujian nasional.

Menteri Pendidikan Anies Baswedan mengatakan 30 paket soal UN tersebut bocor dan beredar di internet. Diduga ada pihak tertentu yang mengunggah soal tersebut.

Anies Baswedan pun memberikan penjelasan terkait kebocoran Soal Ujian Nasional tersebut. Berikut enam poin tindak lanjut kebocoran soal Ujian Nasional 2015 di internet yang dijelaskan Anies.

  1. Kemdikbud identifikasi soal Ujian Nasional 2015 yg diunggah ke Google Drive adalah paket UN SMA Program IPA untuk Aceh dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Kode yang tertera di lembar soal diidentifikasi buklet soal adalah set soal SMA Program IPA untuk Aceh dan set buklet untuk Aceh itu identik dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.
  3. Dari total 11.730 buklet yang disiapkan untuk SMA/SMK/MA/sederajat, 30 buklet yang diunggah ke Google Drive adalah soal untuk SMA Program IPA saja, sehingga 11.700 buklet lainnya aman dari pengunggahan di internet.
  4. Dari analisa sementara berdasarkan lembar jawaban UN yang selesai dipindai untuk DIY tidak dijumpai adanya anomali, tetapi finalnya sesudah dianalisa lengkap. Untuk Aceh datanya belum masuk.
  5. Naskah UN adalah dokumen rahasia negara, bila didistribusikan bisa terkena tuntutan. Jika memiliki segera dihapus. Tidak ada toleransi bagi siapapun yang menggunakannya akan diproses hukum.
  6. Masyarakat agar melaporkan jika terjadi dugaan kecurangan UN baik ke Kemdikbud maupun ke polisi.

kemdikbud

Terbaru

To Top