Nasional

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1439 H Bertepatan Dengan 17 Mei 2018

Petugas dari Badan Hisab Rukyat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar bersama BMKG Padang Pajang tengah menggunakan alat sejenis teropong yang disebut teodolit untuk melihat posisi bulan (hilal) dari Gedung Dinas Kebudayaan, Selasa, (15/5).
Petugas dari Badan Hisab Rukyat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar bersama BMKG Padang Pajang tengah menggunakan alat sejenis teropong yang disebut teodolit untuk melihat posisi bulan (hilal) dari Gedung Dinas Kebudayaan | Foto : IG @diskominfopadang

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1439 Hijriah bertepatan pada hari kamis, 17 Mei 2018. Hal ini disampaikan oleh Menteria Agama Lukman Hakin Saifuddin usai memimpin sidang isbat di Gedung Kemenag, Jakarta Pusat, Selasa (15/5).

Awal ramadhan 1439 hijriah ini ditetapkan setelah Kementerian Agama menerima laporan dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag RI A, Juraidi terkait 95 titik pemantauan hilal yang tersebar di 32 Provinsi di Indonesia.

Berdasarkan pengamatan hilal masih berada di bawah ufuk, sehingga bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari dan 1 Ramadhan jatuh pada hari kamis, 17 Mei 2018.

Trending

To Top