Sumbar

Darurat Kabut Asap, Dharmasraya Bagikan 30 Ribu Masker

bagi2 masker dharmasraya

Kabut asap yang melanda Dharmasraya semakin pekat. Warga mulai mengeluh. Tidak saja di luar rumah, di perkantoran pun dampaknya mulai terasa.Akibatnya, sejumlah pegawai harus memakai masker di dalam ruangan.

Selasa (11/3), jajaran Dinas Kesehatan Dharmasraya membagikan sebanyak 30 ribu masker untuk masyarakat. “Pemakaian masker bisa untuk menghindari dampak akibat menghirup kabut asap,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya drg. Erina, MKM. Dampak terhirupnya kabut asap, menurut Erina di antaranya sesak napas dan gatal-gatal tenggorokan.

Selain pembagian masker, pihaknya telah melakukan himbauan kepada masyarakat baik melalui radio dan mobil publikasi keliling. Sosialisasi juga dilakukan ke sekolah-sekolah, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat.

“Saat ini fokus distribusi masker untuk murid SD dan TK, serta masyarakat. Memang belum semua siswa SLTP dan SLTA mendapatkan pembagian masker,” imbuh Erina. Dirinya mengatakan, stok masker yang dimilikinya sebanyak 25 ribu lembar, ditambah 5 ribu lembar sumbangan berbagai perusahaan di antaranya PT. Famili Raya Group dan PT. SLN. Total yang telah dibagikan sebanyak 30 ribu lembar masker.

Bupati Dharmasraya H. Adi Gunawan mengimbau warganya agar memakai masker saat ke luar rumah serta mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali untuk hal yang mendesak. (YT/Humas Dharmasraya)

To Top