Berita Pilihan

Dua Nagari Dilanda Banjir di Kabupaten Solok

Nagari dilanda banjir

Dua Nagari dilanda banjir, dua orang meninggal dunia

Hujan mengguyur beberapa wilayah di Sumatera Barat pada kamis (6/9). Kondisi ini menyebabkan Sungai Batang Lembang meluap dan menyebabkan banjir di dua nagari di Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Dua Nagari dilanda banjir tersebut yaitu Nagari Muaro Paneh dan Nagari Kinari. Banjir yang melanda kedua nagari tersebut cukup parah, menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas hingga menelan korban jiwa.

Berdasarkan data yang kami terima pada pagi ini, ada sebanyak 3.207 jiwa yang terdampak banjir. Semuanya tersebar di 7 Jorong di dua nagari Muaro Paneh dan Kinari. Selain itu banjir juga menyebabkan jalan longsor di Nagari Parambahan tepatnya di Jorong Balai.

Jorong Balai Pinang dan Jorong Koto Panjang di Nagari Muaro Paneh merupakan dua daerah dengan jumlah korban terdampak paling banyak. Di Jorong Balai Pinang total korban terdampak mencapai 850 jiwa, sedangkan di Jorong Koto Panjang mencapai 750 jiwa.

Di Nagari Balai Pinang juga terdapat 1 korban meninggal akibat banjir. 1 Korban jiwa juga terdapat di Jorong Koto Panjang. Sedangkan di Nagari Kinari terdapat 7 orang korban yang harus dirawat. Saat ini semuanya dirawat di Puskesmas Muaro Paneh.

Banjir di dua Nagari ini juga merusak banyak fasilitas termasuk Kantor Walinagari Kinari. Fasilitas lainnya yang mengalami kerusakan antara lain 421 unit rumah yang tersebar di tujuh jorong, 3 sekolah, 8 musholla, 2 Masjid, 1 Asrama Rohis, 20 warung dan 1 bendungan rusak.

Selain itu kerugian juga dialami oleh petani karena banjir merusak 322 hektare sawah, menghanyutkan 3 ton gabah, 15 ekor kambing, 7 ekor sapi, 300 ekor itik. Selain itu 6 unit mobil dan 20 unit sepeda motor milik warga juga dilaporkan rusak akibat banjir.

Saat berita ini diturunkan banjir sudah mulai surut dan warga mulai berbenah membersihkan sisa banjir.

Trending

To Top