Sumbar

ESDM Sumbar Buat Peta Kawasan Rawan Bencana Gunung Marapi

Gunung marapi

Belajar dari letusan Gunung Sinabung dan Gunung Kelud beberapa waktu lalu, Bidang Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya mineral (ESDM) Sumbar saat ini sedang merancang Peta Kawasan Rawan Bencana Gunung Marapi yang berada diantara Kabapten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

Perancangan Peta KRB Gunung Marapi ini merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana dari Gunung Marapi.

Dalam peta KRB tersebut nantinya akan tergambarkan peta atau daerah-daerah dengan berbagai tingkat resiko bencana, mulai dari KRB III, KRB II hingga KRB I.

“Dari Peta Kawasan Rawan Bencana yang di buat tergambar jenis-jenis bahaya primer dan sekunder dari letusan gunung merapi, jalur dan tempat evakuasi serta jumlah penduduk yang tinggal di zona rawan bencana”, kata Nuzuir, Kabid Geologi ESDM Sumbar dikutip dari Padang Today.

Peta KRB Gunung Marapi ini nantinya akan disampaikan kepada pemerintah daerah yang akan terkena dampak dari Gunung Marapi jika meletus untuk disosialisasikan kepada warganya masing-masing.

Selain peta KRB Gunung Marapi, ESDM Sumbar juga tengah merancang peta KRB untuk Gunung Talang, Tandikat dan kerinci.

To Top