Sumbar

Hujan dan Angin Kencang Landa Padang, Warga Diminta Waspada

Pemerintah Kota Padang melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Rudi Rinaldy mengimbau kepada seluruh warga untuk mewaspadai hujan lebat dan angin kencang. Karena itu warga diharapkan untuk tidak melakukan aktifitas di luar ruangan.

“Hujan lebat dan angin kencang terjadi akibat cuaca ekstrim karena pengaruh La Nina. Kami mengimbau warga untuk tetap berada di dalam ruangan agar terhindar dari bahaya,” katanya, kemarin.

Rudi mengimbau kepada seluruh warga menjauhi pohon tinggi. Termasuk baliho maupun billboard yang dapat membahayakan.

“Jauhi pohon tinggi, tiang listrik dan lainnya. Karena akan berpotensi membahayakan jika terjadi angin kencang,” imbaunya.

Rudi menyebut menurut prediksi dari Stasiun Meteorologi Kota Padang, hujan lebat dan angin kencang akan terus terjadi hingga lima hari ke depan. Rudi menuturkan, kondisi atmosfir beberapa hari ke depan diprediksi akan masih adanya tekanan rendah atau pusaran di Indonesia bagian barat (di selatan khatulistiwa), serta di Indonesia bagian timur (di utara khatulistiwa). Termasuk di perairan Sumatera bagian Barat.

loading...

“Adanya pertemuan dua massa udara dari Barat/Barat Laut dengan massa udara dari Tenggara/Selatan, sehingga membentuk convergensi, belokan angin, pusaran atau tekanan rendah dan netral,” sebutnya.

Hal ini kemudian berpeluang terjadinya awan-awan konvektif (awan hujan), hujan lebat, petir dan angin kencang. “Kondisi ini terjadi di Sumatera Barat, sebagian Sumbar bagian Timur, Mentawai Utara dan Selatan,” tambah Rudi. (Charlie/Humas dan Protokol Kota Padang)

Komentar

Trending

To Top
Loading...