Sumbar

Kota Padang Akan Bangun Fasilitas Untuk Penghafal Al-Qur’an

Penghafal Al-Qur'an

Pemerintah Kota Padang berencana akan membangun sejumlah fasilitas untuk membantu warga agar lebih mudah dalam menghafal Al-Qur’an. Fasilitas tersebut berupa pondok khusus yang akan disebar di setiap kecatan kelurahan.

Menurut Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah saat ini beberapa pondok telah dibangun. Diantaranya di Kecamatan Pauh dan satu lagi pondok yang merupakan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang melalui program Padang Religius.

Selain fasilitas fisik menurut Mahyeldi sejumlah program juga diagendakan di Masjid Nurul Iman untuk menghafal Qur’an. Ditambah juga di Pusat Kajian Islam beberapa sekolah di Padang juga mempunyai program menghafal AlQur’an.

Dukungan Pemko Padang terhadap penghafal Al-Qur’an ini sebenarnya bukanlah hal baru. Bulan april lalu Pemko Padang bahkan mengeluarkan kebijakan prioritas bagi penghafal Qur’an.

Dengan kebijakan tersebut siswa SD yang hafal 1 Juz Qur’an bisa memilih SMP mana saja untuk melanjutkan sekolah. Untuk siswa SMP yang hafal 3 juz hal yang sama juga berlaku. Sementara untuk siswa SLTA yang hafal 5 juz ada beberapa Perguruan Tinggi yang bisa menerima tanpa tes.

loading...

Selain itu pada bulan Ramadhan lalu Pemko juga memasukkan program menghafal Al-Qur’an di pesantren ramadhan. Hal yang sama juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Komentar

Trending

To Top
Loading...