fbpx
Sumbar

Liga Seduh Rimbun 2018, Kompetisi Seduh Kopi Metode Manual Akan Digelar 9 Mei 2018

Liga Seduh Rimbun 2018

Rimbun Espresso & Brew Bar atau yang dikenal juga dengan “Rimbun Coffee” akan menggelar Liga Seduh Rimbun 2018. Sebuah kompetisi seduh kopi dengan metode manual yang mengacu pada peraturan kejuaraan internasional WBrC (World Brewers Cup). Kompetisi dengan adopsi peraturan WBrC ini akan menjadi yang pertama kali diadakan di Kota Padang.

Antusiasme terhadap kegiatan ini cukup tinggi dan tidak hanya sebatas Kota Padang saja. Terbukti saat pendaftaran peserta pada 19 April 2018 lalu, slot 24 peserta langsung penuh dalam waktu 40 menit saja. Peserta yang akan mengikuti Liga Seduh Rimbun 2018 tersebar mulai dari Pekanbaru, Payakumbuh, Solok, Bukittinggi, Padang Panjang, Muaro Bungo, dan tentunya Kota Padang. Sebagian besar merupakan perwakilan dari kedai kopi, namun juga ada beberapa perwakilan independent.

Sebagaimana diungkapkan Allan Arthur (IBrC Certified Judge dan Q Grader) yang bertindak sebagai Ketua Tim Juri Liga Seduh Rimbun 2018, “Kompetisi dibutuhkan agar eksplorasi terhadap teknik seduh dan tentunya rasa kopi tak pernah berhenti. Liga Seduh Rimbun mengacu pada peraturan internasional agar peserta dapat mempersiapkan diri untuk kompetisi tingkat lanjut”. Tim juri juga dihuni oleh Craig Owen (Q Grader, SCA Certified Coffee Taster), Abdurrahman Fahrumi (Q Grader, Coffee Roaster) dan Alfadriansyah (Q Grader, Coffee Farmer).

Dengan mengacu pada peraturan WBrC, Liga Seduh Rimbun 2018 akan dimulai dengan babak penyisihan dengan sistem “Compulsory Service”. Dimana 24 peserta akan menyeduh masing-masing 3 gelas kopi yang mereka tidak ketahui, kopinya apa. Enam peserta dengan skor tertinggi dibabak penyisihan akan lolos ke babak final yang menggunakan sistem “Open Service”. Enam peserta akan menyeduh kopi yang mereka bawa sendiri dan mempresentasikannya di hadapan juri.

Liga Seduh Rimbun 2018 akan dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Mei 2018. Mulai pukul 8.00 WIB. Bertempat di Sentral Yamaha Tjahaja Baru Hall di Jl. Bandar Damar No 61, Olo, Padang. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis bagi yang ingin menyaksikan. Selain perlombaan, akan ada booth yang menjual biji kopi, peralatan seduh kopi, dan beragam hal lainnya.

Liga Seduh Rimbun 2018 dikelola mandiri oleh Rimbun Coffee, Pandeka Roastery, dan Lokita Digital Creative Campaign. Kegiatan ini mendapat dukungan sponsor Santiang Exports dan Toffin Pekanbaru. Mendapatkan dukungan bantuan Yamaha Tjahaja Baru, Move On Fashion (Bukittinggi), dan Kopi Plus Plus (Pekanbaru). Dan tentunya dukungan rekanan media InfoSumbar, KlikPositif, dan Sudut Payakumbuh.

Trending

To Top