Featured

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Terminal Kota Padang Dilakukan Presiden Jokowi

Terminal Kota Padang

Kota Padang sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat telah bertahun-tahun tidak memiliki terminal. Terakhir kali kota bingkuang tersebut memiliki terminal Aia Pacah. Namun, terminal Kota Padang tersebut terlantar dan akhirnya rusak akibat gempa tahun 2009.

Pasca Gempa, kawasan terminal Aia Pacah berubah fungsi menjadi pusat pemerintahan Kota Padang, yang ditandai dengan berdirinya Balaikota di kawasan tersebut. Hingga saat ini terminal Kota Padang hanya berupa terminal bayangan yang tersebar di beberapa titik.

Rencana pembangunan kembali terminal Kota Padang pun sudah lama, namun entah karena apa rencana tersebut belum juga terwujud. Padahal lahan untuk terminal di daerah Anak Aia sudah lama dipersiapkan.

Pada tanggal 9 Februari 2018 nanti, memanfaatkan momen Hari Pers Nasional yang diselenggarakan di Kota Padang peletakan batu pertama pembangunan terminal tipe A akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

“Inshaallah, peletakan batu pertama pembangunan terminal akan dilakukan oleh Presiden, bertepatan dengan Hari Pers nanti,” kata Mahyeldi dikutip dari halaman Humas Kota Padang.

Terminal Tipe A tersebut memiliki luas area 4,5 hektare. Pembangunannya akan menggunakan dana APBN sebesar Rp 79,5 milyar.

To Top