Featured

Warga Pantai Ulakan Butuh Segera Diselamatkan Dari Abrasi

Pantai Ulakan

Abrasi yang terjadi di Pantai Ulakan Korong Keramat Jaya, Nagari Manggopoh Palak Gadang, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat semakin hari semakin parah. Warga yang terancam terkena dampaknya butuh bantuan segera.

Apalagi dalam beberapa hari terakhir cuaca buruk yang melanda makin memperparah kondisi abrasi di Pantai yang terkenal dengan tradisi ‘Basapa’ tersebut. Saat ini sudah 3 rumah roboh sejak abrasi melanda kawasan tersebut dan 21 rumah lainnya saat ini juga terancam.

Kondisi abrasi di Pantai Ulakan sebenarnya sudah lama terjadi, namun memang belum ada upaya dari pemerintah setempat untuk mengurangi dampaknya dalam jangka pendek dan langkah mengatasi masalah ini dalam jangka panjang.

Di kawasan Pantai Ulakan ini juga terdapat Makam Syech Burhanuddin, yang merupakan salah seorang ulama yang berperan penting dalam penyebaran islam di Sumatera Barat. Jika tidak diatasi bukan tidak mungkin abrasi akan mencapai makam tersebut.

Mei tahun 2016, satu unit rumah terpaksa di evakuasi karena abrasi sudah mengikis bagian pondasi rumah tersebut. Pada september 2017 BNPB sudah meninjau kawasan Pantai Ulakan dan berjanji akan melakukan rehabilitasi. Salah satu langkah yang akan diambil dengan membangun batu grip pemecah ombak.

loading...

 

Komentar

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top
Loading...