Sumbar

Warga Sumbar Bisa Menyaksikan Siaran Langsung Gerhana Matahari

gerhana matahari
Foto: eilhamr21.wordpress.com

Bagi warga Sumbar yang tidak bisa menyaksikan peristiwa Gerhana Matahari total pada 9 Maret 2016 nanti tidak perlu khawatir karena BMKG Padang Padang tengah menyiapkan fasilitas Siaran Langsung dengan streaming langsung dari Bengkulu.

“Masyarakat dapat mengamati detik-detik terjadinya gerhana matahari mulai pukul 6.30 WIB dengan mengakses situs http://media.bmkg.go.id/gmt,” kata Kepala Stasiun Geofisika kelas I BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono seperti dikutip dari antarasumbar.

Gerhana Matahari Total kali ini akan melintasi 12 provinsi yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Untuk Sumbar sendiri daerah yang akan dilewati Gerhana Matahari Total adalah Desa Seai, Sikakap Kepulauan Mentawai dengan magnitudo gerhana sebesar 1,012 dan Silaut, Pesisir Selatan, dengan magnitudo sebesar 1,002.

Namun di daerah lain masyarakat tetap bisa melihat fenomena langka ini, hanya saja gerhana matahari yang termati hanyalah gerhana matahari sebagian. Di Sumbar sendiri gerhana yang teramati rata-rata adalah selama 2 jam 6 menit.

To Top