Sumbar

Wisatawan Asing ke Sumbar Semakin Bertambah

Dinas Kebudayaan dan Periwisata Kota Padang menggelar Festival Marandang Massal, Sabtu (13/12) yang bertempat di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol, Kota Padang.

Pariwisata di Sumatera Barat terus menggeliat, data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat memperlihatkan kunjungan wisatawan asing ke Sumbar semakin bertambah.

Dari data BPS pada bulan Juli 2016 ada 4.094 orang wisatawa asing ke Sumbar. Sementara itu pada bulan agustus terjadi peningkatan sebesar 3,14 persen atau sebanyak 4.224 orang.

Dari angka tersebut, Malaysia masih manjadi negara yang paling banyak menyumbang wisatawan asing yang datang ke Sumbar yaitu sebanyak 2.898 orang. Disusul oleh Australia sebanyak 197 orang dan Tiongkok 100 orang.

Baca Juga: Minang Halal Tourism, Konsep Pariwisata Yang Cocok Dengan Sumbar
Baca Juga: Menang Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016, Ini Keuntungan Yang Didapat Sumbar

Indonesia memang semakin diminati oleh wisatawan asing dari berbagai negara. Terbukti saat ini angka wisatawan asing yang datang ke Indonesia bulan agustus 2016 menembus angka 1 juta orang.

Angka tersebut jauh lebih banyak 13,19 persen dibandingkan bulan Agustus tahun lalu yang tercatat 911.704 wisman. BPS sendiri mencatat hingga saat ini sudah 7.356.310 orang wisman yang datang ke Indoesia dari periode Januari-Agustus 2016.

Menurut Menpar Arief  Yahya strategi khusus yang dilakukan oleh Kemenpar untuk menarik wisman datang ke Indonesia salah satunya adalah Go Digital.

Baca Juga: Agar Menjadi Destinasi Wisata Halal Dunia, Ini Yang Harus Dilakukan Sumbar
Baca Juga: Selamat, Sumbar Menjadi Destinasi Wisata Halal 2016

Indonesia menggandeng Baidu yang merupakan search engine-nya Tiongkok untuk menarik wisatawan negara tirai bambu tersebut. Hasilnya saat ini Indonesia sudah berhasil menarik 1,2 wisman asal Tiongkok.

Sumatera Barat sendiri sebagai salah satu daerah yang kaya dengan potensi wisata bisa mengambil keuntungan dari peningkatan wisman tersebut.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar, Puji Atmoko salah satu yang perlu dilakukan agar lebih banyak wisatawan asing ke Sumbar adalah membangun masyarakat yang sadar wisata.

Terlebih Sumbar saat ini menang dalam kompetisi pariwisata halal nasional 2016 dan akan mengikuti World Halal Tourism Award di Abu Dhabi. Momentum ini sangat bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan wisatawan asing ke sumbar.

To Top