Eko & Bisnis

Pemerintah Targetkan Swasembada BBM Pada 2025

ilustrasi (net)

ilustrasi (net)

Pemerintah menargetkan swasembada BBM pada tahun 2025 nanti. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah akan membangun empat kilang minyak baru berkapasitas masing-masing 300 ribu barel per hari.

Namun tentu saja hal ini tidaklah mudah, karena biaya investasi yang dibutuhkan mencapai ratusan triliun rupiah per kilang.

“Investasinya Rp100-120 triliun per kilang karena ini terintegrasi dengan petrokimia atau totalnya sekitar Rp400-480 triliun,” kata Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja seperti dikutip dari antaranews.

Selain proyek pembangunan dua kilang baru tersebut, Wiratmaja juga mengatakan bahwa untuk mewujudkan swasembada BBM juga akan dilakukan revitalisasi empat kilang Pertamina.

Empat kilang tersebut adalah Cilacap, Balikpapan, Balongan, dan Dumai. Ditargetkan setelah revitalisasi kilang tersebut mampu melakukan produksi hingga 800 ribu barel per hari.

Terakhir Wiratmaja mengatakan jika program tersebut terealisasi maka bukan tidak bukin Indonesia bebas dari impor BBM, dan kemungkinan bisa melakukan ekspor.

To Top