Berita Pilihan

Mahasiswa KKN Unand Semarakkan Khatam Quran di Agam

bupati Agam

Lambah, Agam. Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2013 Universitas Andalas sangat membantu pemberdayaan masyarakat secara langsung. Sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu “Berbakti untuk Nagari”.

Hal itu dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan teman-teman kita, misalnya yang sekarang sedang KKN di Nagari Lambah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam. Kegiatan berupa khatam Quran merupakan sebuah upacara tradisi bagi anak-anak yang sudah dapat meng-khatam-kan (membaca sampai tamat) Al-Quran. Sehingga diharapkan nantinya dapat membuat Kabupaten Agam yang madani.

Khatam Quran di Nagari Lambah dilakukan serentak di Jorong Koto Hilalang dan Jorong Lambah Tangah. “Untuk khatam Quran di Koto Hilalang dimulai hari Sabtu (29/6) sampai hari Minggu (30/6). Sedangkan di Lambah Tangah hanya akan dilakukan satu hari saja, yaitu hari Minggu (30/6),” ujar Andrianus, Wali Nagari Lambah.

“Karena ada 23 mahasiswa Unand yang sedang KKN di Nagari Lambah ini, kita akan membagi mahasiswa menjadi dua kelompok, yaitu untuk membantu di Koto Hilalang dan Lambah Tangah.,” ujar Jamil Ihsan, koordinator mahasiswa Unand di Nagari Lambah.

loading...

Pelaksanaan khatam Quran di Koto Hilalang dipusatkan di Balai Desa, sedangkan di Lambah Tangah dipusatkan di mesjid Raudhatul Ilmi. Prosesi pelaksanaan khatam dimulai dari pawai ta’aruf dan selanjutnya pembacaan ayat Al-Quran oleh peserta khatam dan ditutup dengan pembagian hadiah.

“Mahasiswa KKN Unand yang membantu di Koto Hilalang adalah Yusran, Vivi, Yulindo, Novia, Ryan, Ayu, Dori, Ani, Rahman, Silvia, Sherly, Fikri, dan Frans. Sementara yang membantu di Lambah Tangah adalah Jamil, Bobby, Fabri, Suci, Tiara, Indah, Muslim, Rahmi, dan Katerine”, tambah Jamil.

“Alhamdulillah untuk khatam Quran di Lambah Tangah dihadiri Bupati Agam, Bapak Indra Catri, kami sangat senang atas kehadiran beliau dan rombongan” tutup Rahmi, mahasiswa KKN Unand yang berasal dari Fakultas Kedokteran.

Jamil Ihsan
Mahasiswa Fak. Ekonomi, Unand

Komentar

Trending

To Top
Loading...