Berita Pilihan

Semen Padang Akan Bangun Stadion Bertaraf Internasional Berkapasitas 30 Ribu Penonton

Manajemen Semen Padang FC (SP-FC) melengkapi infrastruktur bagi juara Indonesian Premier League (IPL) dengan membangun stadion berkapasitas 20-30 ribu penonton di kawasan Katapiang, Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita akan segera membangun dengan konsep pembangunan multiyear (bertahap), menyusul telah dibelinya lahan seluas 6 hektar. Insya Allah, stadion ini akan rampung dalam tempo 3-4 tahun ke depan,”sebut Toto Sudibyo, Komisaris Utama PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) yang menangani Ellie Aiboy Cs ini.

Disebutkan pria yang juga menjabat sebagai Direktur Produksi PT Semen Padang ini, stadion itu nantinya dilengkapi dengan fasilitas bertaraf internasional, mulai dari lapangan latihan, mess pemain, toko pernik-pernik tim dan akademi sepakbola, hingga museum Semen Padang FC. Bahkan, areal parkirnya nanti juga bisa disulap menjadi sirkuit balap non permanen yang bertujuan juga untuk pengembangan olahraga di Sumbar ini.

“Dan bukan tak mungkin akan ada hotel berbintang tiga di kawasan ini untuk mendukung pengembangan areal tersebut. Apalagi lokasinya tak jauh dari bandara,”kata Toto lagi.

Konsep stadionnya, kata alumni ITB Bandung ini, mirip dengan Stadion Maguwoharjo di Sleman, Yogyakarta. Stadion ini tak akan menggunakan lintasan atletik dimana tribun penonton akan langsung berada tak jauh dari lapangan. Untuk itu, ia mengajak seluruh komponen pendukung tim Semen Padang, baik yang teroganisir maupun tidak, untuk sama-sama bahu-membahu merealisasikan pembangunannya.

“Kami bersyukur, keinginan kami langsung mendapat respon dari pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Beliau (bupati,red) sangat mensupport rencana ini. Saya pikir beliau benar-benar memahami potensi bisnis dari tim Semen Padang FC, untuk pengembangan dan kepentingan Kabupaten Padang Pariaman,”timpal Dirut PT KSSP, Erizal Anwar seraya menegaskan saat ini proses peralihan kepemilikan lahan di notaris.

Selain itu, Pemkab Padang Pariaman juga membantu membebaskan jalan masuk satadion dan membangun jalan akses menuju stadion dengan lebar 12 meter. Selain itu, perkembangan sepakbola di daerah itu juga menjadi motivasi manajemen dalam mewujudkan pamabangunan stadion di daerah itu.

“Di Kabupaten Padang Pariaman, animo masyarakat setempat sangat tinggi terhadap sepak bola, dan ini juga menjadi motivasi bagi manajemen untuk membangun Stadion di daerah itu.

Kendati stadion ini belum mulai dibangun, dari bocoran yang didapat Haluan, Stadion ini nantinya akan diberi nama Stadion Azwar Anas. Azwar Anas merupakan sosok penting bagi pengembangan PT Semen Padang, Provinsi Sumbar dan sepakbola Indonesia.

“Azwar Anas pernah menjadi Dirut PT Semen Padang yang punya rekam jejak sendiri. Setelah itu, beliau juga merupakan gubernur Sumbar dua periode dan juga merupakan Ketua Umum PSSI yang memprogramkan liga pro di Indonesia. Sejak kepemimpinan beliau di PSSI, kran sepak bola pro di Indonesia mengalir deras, termasuk kehadiran pemain top dunia, seperti Roger Mila di Pelita Jaya saat itu,”kata si sumber.

harian haluan/mat

To Top