Berita Pilihan

Semen Padang FC Catat Rekor Tak Terkalahkan di Penyisihan Grup E AFC Cup 2013

Semen Padang mengukuhkan diri sebagai pemuncak grup E Piala AFC setelah menundukkan tamunya Churchill Brothers, di stadion H Agus Salim Padang dengan skor meyakinkan 3-1.

Semen Padang yang lebih banyak menurunkan pemain cadangan saat menjamu tim sepakbola dari India tersebut, kerana dalam pertandingan tersebut tidak mempengaruhi lagi langkah klub itu menuju 16 besar, unggul terlebih dahulu pada menit 23 berkat lesatan dari ujung tombak utama mereka Edward Wilson Junior, dengan aksi individunya menerebos pertahanan tim tamu.

Wilson mencetak gol pertama dalam pertandingan tersebut, setelah menerima umpat dari rekanya Vendri Mofu, sebelum mengelabui empat pemain bertahan Churchill, sebelum menenendang secara mendatar ke tiang jauh tim tamu tersebut.

Selanjutnya pada babak pertama, pertandingan yang disaksikan ratusan pasang mata pendukung tim tuan rumah, tidak ada lagi gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, naas bagi tim tamu, saat tertinggal, salah satu pemain mereka, Naveen Kumar, terpaksa diusir wasit keluar lapanga, setelah dinilai melanggar terlalu keras pencetak gol pertama tim tuan rumah, sehingga mempermudah jalan Semen Padang untuk memperbesar keunggulan.

Pada menit ke 48 tendangan bebas yang diambil oleh Titus Bonai, berhasil menghujam jalan gawang tim tamu, dimana tendangannya kearah pojok atas gawang tidak mampu dihalau oleh penjaga gawang Churchill Thapa Lalit.

Keungulan Semen Padang 2-0 tidak berlangsung lama, sebab tim tamu langsung merespon dengan gol yang dilesakan Bineesh Balan, setelah menerima umpat crossing dari rekannya, dan tidak mampu dihalau kiper Semen Padang Fakhrurrazi pada menit ke 50 sehingga skor kembali berubah menjadi 2-1.

Semen Padang yang tampil di depan pendukungnya sendiri kemudian memperlebar kembali keunggulan meraka menjadi 3-1 pada menit 65, berkat gol kedua yang dilesatkan Edward Wilson Junior, yang bertahan hingga pluit akhir dibunyikan.

Berkat keunggulan tersebut, tim sepakbola asal Ranahminang itu, berhasil mengokohkan posisnya dipucak klaseman, dan mempertahankan rekor tak terkalahkan di grup E Piala AFC dengan poin 16, dan berhak menjadi tuan rumah babak 16 besar.

Dalam pertandingan tersebut, Nur Iskandar, Jandia Eka Putra, Hyu Yun Ko, Hengki Ardiles, Esteban Vizcarra, tidak termsuk pemain yang diikut sertakan dalam pertandingan tersebut. (republika)

Dengan demikian Semen Padang menyelesaikan babak grupnya tanpa kekalahan. Mereka menjuarai Grup E dengan lima kemenangan dan satu seri dari enam laga.

Di babak 16 besar tim asuhan pelatih Jafri Sastra itu akan bertemu runner-up Grup F, SHB Da Nang. Karena hanya memainkan satu partai, dan finis sebagai juara grup, Semen Padang akan bertindak sebagai tuan rumah untuk SHB Da Nang, yaitu pada 14 Mei mendatang.

Jika menang, maka Semen Padang akan melangkah ke babak perempatfinal di mana formatnya adalah home and away.

Hasil pertandingan Grup E
Semen Padang 3-1 Churchill Brothers (IND)
Kitchee (HKG) 5-0 Warriors FC (SIN)

Klasemen akhir
Semen Padang 6 5 1 0 15-6 16
Kitchee 6 4 0 2 18-7 12
Churchill Brothers 6 1 1 4 6-13 4
Warriors FC 6 1 0 5 4-17 3
(detiksport/a2s/krs)

Pertandingan selanjutnya akan diadakan pada tanggal 14 Mei 2013, Semen Padang FC vs SHB Da Nang (Vietnam) di Stadion. H Agus Salim, Padang.

To Top