Berita Pilihan

Shalat Id di Payakumbuh Dipusatkan di Kawasan Tugu Adipura

Pimpinan Perguruan Islam Arrisalah Padang, H. Irsyad Syafar, LC, M.Ed, dipercaya sebagai Khatib Idul Fitri 1 Syawal, 1434 Hijriyah, di Kota Payakumbuh. Rapat Panitia Hari Besar Islam (PHBI) kota ini, menyepakati, Irsyad Syafar layak memberikan tausyiah didepan jemaah shalat Id’ yang diperkirakan juga akan diikuti ratusan perantau yang berlebaran di Payakumbuh.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Ir. H. Benni Warlis, MM, didampingi Kabag Kesra Setdako Yonrefli, S.Sos, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (30/7), menginformasikan, pelaksanaan shalat Id’, seperti tahun-tahun sebelumnya, tetap memanfaatkan badan jalan utama di jantung kota, pertigaan Jalan Sukarno-Hatta, Jalan Sudirman dan Jalan A. Yani. Atau di kawasan Tugu Adipura depan eks kantor bupati.

“Mohon maaf, pemerintah kota belum mampu menyediakan lokasi shalat Id yang lebih representatif buat warga kota, karena keterbatasan lahan yang ada. Mudah-mudahan, jika suatu saat nanti pemko sudah membangun land mark Luak Limopuluah atau ruang terbuka hijau di eks tanah Poliko dan es kantor bupati, kegiatan shalat Id’ dan hari raya Qurban, dapat dilaksanakan di areal tersebut,” jelas Benni.

Selain penetapan khatib Id’, rapat PHBI juga memutuskan penunjukan Sepdi Wasih, S. M.Ik, dosen STAIDA Payakumbuh, sebagai imam pada shalat Id’ tersebut. Kemungkinan jatuhnya 1 Syawal, sama seperti telah ditetapkan Muhammadyah dan PBNU, Kamis (8/8).

“Kita berharap, muslimin dan muslimah dari berbagai penjuru kota dan perantau yang pulang kampung ikut shalat Id’ dengan pimpinan kota serta jajaran pemerintah lainnya di kawasan Tugu Adipura,” ajak Benni.

Sehari sebelum shalat Id’, Rabu (7/8), malam, dilaksanakan malam takbiran, melibatkan Muspida, DPRD, SKPD, Ormas Islam dan pengurus masjid. Takbiran akan dilepas Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, di halaman rumah dinas kediaman walikota di Jalan Rky. Rasuna Said Payakumbuh.

Untuk selanjutnya, rombongan konvoi mobil takbiran ini menuju Labuh Basilang, Limbukan, Simpang Kejaksaan, Simpang Napar, Simpang Kaniang Bukik, Simpang Benteng dan berakhir di depan SMPN 1.

Kegiatan takbiran diakhiri dengan malam seribu dedug, di bawah kordinator Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh. Walikota Riza Falepi, Wawako Suwandel Muchtar dan anggota Muspida akan ikut memukul bedug pada malam seribu takbir itu, simpulnya.

payakumbuh kota / Nesa Morena

To Top