Berita Pilihan

Stadion Agus Salim Layak Jadi Tuan Rumah Semen Padang Untuk AFC Cup 2013, Namun…

Tim inspeksi pertandingan Asian Football Confederation (AFC) menilai tim Semen Padang (SP) layak untuk menjadi tuan rumah AFC Cup 2013 yang akan dimulai pada Maret.

“Sesuai dengan hasil pertemuan dengan tim AFC yang sudah melakukan inspeksi Stadion Haji Agus Salim mereka menilai kita layak menjadi tuan rumah pertandingan kandang,” kata Direktur Utama PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Erizal Anwar di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan, sebelumnya sejak Senin(4/2) sampai Selasa(5/2) siang, tim inspeksi AFC yang beranggotakan Jack Subramaniam (Manager kompetisi AFC) dan Raymond (Manager kompetisi lokal dari PSSI pusat) melakukan peninjauan secara langsung terhadap kesiapan Stadion Haji Agus Salim Padang, tempat latihan tim serta hotel yang nantinya dugunakan sebagai tempat penginapan tim lawan.

Dikatakannya, secara umum tim tersebut menilai Stadion Haji Agus Salim Padang sudah layak menggelar pertandingan namun dengan beberapa catatan yang harus dibenahi oleh manajemen tiga minggu sejak tim itu melakukan peninjauan.

Erizal menyebutkan, untuk stadion tim AFC meminta SP untuk membenahi sarana stadion diantaranya pintu akses berupa barikade pagar tambahan yang dibentang. Ada perubahan yang disesuaikan dengan standar yang digunakan AFC. Selain itu, ruang konfrensi pers untuk jurnalis juga dibenahi.

Sementara untuk latihan tim lawan katanya, AFC hanya merekomendasikan dua lapangan, yakni lapangan di PT Semen Padang dan Lapangan UNP Lubuk Buaya. Sementara dua lapangan lainnya yakni Lapangan dalam UNP dan OPEL di Lubuk Buaya tidak direkomendasikan.

“Untuk lapangan latihan di PT Semen Padang dan Lapangan UNP Lubuk Buaya direkomendasikan namun tetap dibenahi seperti penimbunan dengan pasir agar rata. Tapi untuk penggunaannya tergantung manajer tim yang nantinya akan dihadapi SP dalam event internasional tersebut,” katanya.

Sementara itu, untuk penginapan yang tim AFC merekomendasikan dua hotel berbintang, yakni Hotel Pangeran Beach, Hotel Mercure. Hal tersebut berkaitan dengan jarak dari hotel dan stadion.

Selain itu, tim AFC juga meminta manajemen menambah daya penerangan dan menambah ketebalan rumput lapangan serta mengatur tempat parkir.

“Pihak AFC melarang kendaraan parkir didepan pintu masuk stadion serta menyediakan area mix zone. pada area itu wartawan diperkenankan untuk mewawancarai pemain sambil tetap berjalan,” katanya.

Ia mengatakan, dalam waktu dua minggu seluruh saran yang diajukan AFC akan segera diselesaikan, dan selanjutnya pihak SP akan menunggu rekomendasi dan izin tertulis dari AFC untuk tuan rumah.

Pada gelaran AFC Cup 2013 ini, Semen Padang tergabung di grup E bersama Hongkong Kitchee, klub Singapura Singapore Armed Forces, dan klub India Churchill Brothers di grup E.

republika

To Top